Website Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama katergori Rangking Web versi Webometrics untuk Juli 2011. Peringkat ini dilihat bedasarkan eksistensi laman universitas di Indonesia.

Survei yang dilakukan Webometric di jagad pendidikan tinggi tidak hanya berkisaran di biaya pendidikan, kualitas kurikulum, dan kans lulusannya mendapat pekerjaan saja namun juga dari segi publikasi universitas melalui website.

Ada pun empat komponen yang menjadi indikator dari penilaian Webometrics yaitu size dengan kuota persentase 20 persen, visibility dengan bobot 50 persen, rich files sebanyak 15 persen, dan scholar dengan kuota nilai 15 persen.

Adapun pengertian size yakni jumlah halaman website yang tertangkap oleh search engines seperti Google, Yahoo!, dan Live Search (Bing).

Visibilitas yakni merupakan jumlah eksternal pranala yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas yang dipindai oleh search engine (mesin pencari), indikator ini menyiratkan besarnya faktor efek terhadap sebuah laman atau repositori.

selanjutanya rich files yang merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc), dan Mirosoft Powerpoint (.ppt), dan tidak termasuk jenis file xls, latex atau tex dengan sistem daring di bawah domain situs universitas.

Komponen berikutnya yakni scholar yang merupakann jumlah paper dan jumlah sitasi (kutipan) yang tertangkap di Google Scholar untuk setiap dokumen website universitas.

Berikut 10 daftar peringkat laman yang sering dikunjungi seperti dikutip Webometrics Minggu (31/7/2011):
1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Gajah Mada
4. Universitas Gunadarma
5. Institut Pertanian Bogor
6. Universitas Negeri Malang
7. Universitas Kristen Petra
8. Universitas Muhammadiyah Malang
9. Universitas Teknologi Sepuluh November
10. Universitas Diponegoro

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive