• Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator

DIKUTIP.COM - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Daryatmo mengungkapkan, pihaknya berhasil membawa 17 kantong jenazah dari titik jatuhnya lokasi pesawat Sukhoi Superjet 100 ke Jakarta. Dari ke 17 kantong, satu diantaranya berisi barang-barang korban yang ditemukan.

"Hari ini kami melaksanakan evakuasi kombinasi antara evakuasi udara dan darat, semuanya kita evakuasi sebanyak 17 kantong jenazah, sudah dibawa ke Jakarta," tegasnya saat jumpa pers di terminal kedatangan, Halim Perdanakusuma, Sabtu (12/5/2012).

Daryatmo menjelaskan, medan yang dihadapi timnya di lapangan sangat sulit. Titik paling atas tebing dijadikan tempat untuk pendaratan helikopter, sementara jenazah yang telah dimasukan ke dalam kantong berada 250 meter dibawah helikopter.

Berdasarkan keterangan dari salah satu petugas SAR di lapangan, antara titik helikopter hingga dasar jurang berjarak 500 meter. "Korban yang kami evakuasi dari area tengah tebing, lima dari bawah. Dengan demikian betapa sulitnya mengumpulkan korban yang ada di sini untuk dibawa ke helipad," jelas Daryatmo.

Menurut Daryatmo, skema pemindahan tubuh korban selanjutnya tetap mengikuti skema sebelumnya, yaitu tim yang berada tersebar di radius 500 meter dari titik jatuhnya pesawat, yaitu di tengah tebing memasukan korban ke kantung jenasah dengan semacam jaring atau yang disebut rescue net. "Dari tengah korban dibawa naik menuju helipad kemudian dibawa dulu ke Cijeruk, baru ganti helikopter menuju Jakarta," lanjutnya. (dikutip/kmps)
  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Anang Hermansyah akhirnya resmi melepaskan status dudanya. Setelah, Anang telah resmi menikahi kekasihnya Ashanty. 

Akad nikah yang digelar di Masjid Al Bina, Senayan pun berjalan sangat khidmat dan haru. Tapi rona bahagia pun terpancar dari wajah keduanya saat selesai mengucap janji sehidup semati.

Prosesi akad nikah dibuka dengan penyambutan rombongan keluarga Anang dengan iringan rebana. Shalawat pun bergema saat rombongan Anang masuk ke dalam masjid.
Setelah penyambutan rombongan keluarga Anang, acara langsung dilanjutkan dengan saritilawah yang dibawakan oleh kakak Ashanty. Ijab qobul pun dimulai setelah saritilawah dibacakan.
Kakak Ashanty, Gansar Sambodo didaulat untuk menjadi wali nikah. Sedangkan, Menteri Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dan Bupati Kutai Timur, Isran Nur menjadi saksi dari pernikahan mereka.
Selamat menempuh hidup baru, Anang dan Ashanty! (dk/dtk)
  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Berikut foto proses evakuasi penemuan jenazah korban jiwa pesawat sukhoi dan beberapa benda yang tersisa sperti laptop dan beberapa kertas yang menggambarkan pesawat shukoi, hingga saat ini (12/05/2012) sudah ditemukan 16 kantong jenazah, terlihat jelas bagaimana pesawat hancur berserakan, berikut foto foto detail evakuasi penemuan korban.






























  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator
  • ,

DIKUTIP.COM - Selama ini, kita akrab dengan aturan penerbangan internasional yang melarang penumpang mengaktifkan telepon seluler di dalam pesawat. Alasannya, sinyal dari ponsel bisa mengganggu peralatan navigasi. Bila berkukuh, tentu nyawa taruhannya.

Seakan ingin mematahkan aturan itu, maskapai Virgin Atlantic asal Inggris menawarkan fasilitas bebas menelepon selama penerbangan. Tidak cuma telepon seluler, konsumen juga diizinkan mengakses Internet saat di udara.

Harian the Telegraph, Sabtu (12/5), melaporkan layanan itu diterapkan di armada Airbus seri A330 milik Virgin Atlantic yang melayani penerbangan dari London ke New York, Amerika Serikat. Maskapai itu menargetkan fasilitas serupa bisa diterapkan di 10 rute penerbangan lainnya tahun ini.

Pihak Virgin Atlantic menggandeng perusahaan AeroMobile milik Panasonic asal Jepang untuk mewujudkan teknologi yang membikin percakapan telepon seluler aman dilakukan selama terbang. 

Rupanya yang dilakukan Virgin bukan pertama kalinya di dunia. Empat tahun lalu, maskapai Air France dari Prancis menjadi perusahaan pertama yang membolehkan penumpang menelepon selama penerbangan. Langkah itu, kini disusul Virgin Atlantic, Royal Jordanian, dan perusahaan China Shenzhen Airlines.

Meski kini aturan menelepon di pesawat makin longgar di beberapa wilayah udara Eropa dan Asia, jangan harap hal yang sama berlaku di Amerika. 

Sekitar 400 kilometer dari wilayah udara Negeri Paman Sam itu, seluruh alat komunikasi harus mati atau pesawat yang anda tumpangi bakal dinilai ancaman nasional. (dk/mrdk)

DIKUTIP.COM - Alexander Yablontsev, merupakan pilot Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di kawasan Gunung Salak, satu dari 8 warga rusia, memang baru pertama kali terbang di wilayah Indonesia. Namun di negaranya, Rusia, dia dikenal sebagai pilot senior yang telah malang-melintang membawa berbagai jenis pesawat.

Tidak tanggung-tanggung, pilot berpengalaman kelahiran Warsawa, Polandia itu telah menerbangkan 221 jenis pesawat. Pria kelahiran 3 April 1955 itu juga telah mengantungi lebih dari 14 ribu jam terbang. Demikian seperti diberitakan International Herald Tribune, Sabtu (12/5/2012).

Riwayat pendidikannya, Yablontsev lulus dari Higher Military Pilot School, Armavir pada tahun 1976. Pada tahun 1985, Yablontsev menyelesaikan pendidikannya di Soviet Air Force Test Pilot School di Akhtubinsk. Masih di tahun yang sama, Yablontsev lulus dari Moscow Aviation Institute. 

Pada tahun 1989, Yablontsev menyelesaikan serangkaian pendidikan di Sekolah Pilot Penguji Angkatan Udara Uni Soviet atau Soviet Air Force Test Pilot School. 

Yablontsev juga tercatat pernah mengikuti pelatihan di tim kosmonaut alias penerbang pesawat ulang-alik pada Maret 1989-April 1991. Selama tujuh tahun yakni tahun 1989-1996, dia bergabung dalam korps kosmonaut. Namun dia belum pernah menerbangkan pesawat ke luar angkasa.

Pada tahun 1997, Yablontsev pensiun dari kedinasan militer dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel Angkatan Udara Rusia. Maka sejak 1998, dia menjadi pilot untuk maskapai Transaero-Airline. Pekerjaan itu dijalaninya hingga 1999. Yablontsev juga menjadi pilot untuk maskapai Transevropskiye Aviliniy Airline. Selanjutnya, Yablontsev bergabung ke Sukhoi sebagai pilot penguji pesawat komersial.

Sebelum membawa Sukhoi Superjet 100 ke Indonesia, Yablontsev telah terlebih dulu menerbangkan pesawat komersial terbaru Rusia itu ke Kazakhstan, Pakistan dan Myanmar untuk melakukan demo penerbangan. Demo penerbangan di ketiga negara tersebut berlangsung sukses. Namun rupanya, takdir berkata lain di Indonesia.(dk/dtk)

Biodata Lengkap  Alexander Yablontsev - Pilot Sukhoi Superjet 100 
  • Nama Lengkap : Alexander Nikolayevich Yablontsev 
  • Tempat lahir : Warsawa, Mazowieckie, Polandia 
  • Tanggal lahir : Minggu, 3 April 1955 
  • In training : Mei 1989 – September 1996
  • Kewarganegaraan : Russian 
  • Russian Lt-colonel/cosmonaut
  • Captain Pilot - Chief Pilot of Sukhoi Civil Aircraft 
  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator

DIKUTIP.COM - Sebanyak tiga kantong jenazah kembali didaratkan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (12/5/2012).

Berdasarkan pantauan di lapangan, ketiga kantong jenazah berwarna hitam tersebut dibawa oleh satu helikopter jenis Bolco berwarna putih milik Polri, dan mendarat di landasan pukul 13.38 WIB. Sebanyak 5 orang berseragam TNI dan 2 dari Basarnas pun menjemput dan mengangkat kantong jenazah tersebut ke dalam sebuah mobil ambulans berwarna putih milik PMI yang telah disiagakan di lokasi sebelumnya. 

Beberapa saat sebelumnya, sebanyak lima kantong jenazah tiba di Halim Perdanakusuma dengan menggunakan helikopter milik TNI AU. Helikopter pertama datang sekitar pukul 07.35 WIB, kedua pukul 08.20 WIB, dan yang ketiga pukul 12.02 WIB. Dengan demikian, telah ada tujuh kantong jenazah yang sudah dibawa dari kawasan Cijeruk, Sukabumi, Jawa Barat, ke Jakarta. (kompas.com)

Artikel Terkait
  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator

DIKUTIP.COM - Pelanggaran terhadap persyaratan izin ketinggian dianggap antara lain sebagai alasan jatuhnya SSJ-100. Pilot kehormatan dan ahli keamanan penerbangan, Vladimir Gerasimov, menyatakan keyakinannya kecelakaan sepenuhnya karena faktor kecerobohan pilot.

"Pesawat jet menabrak gunung," katanya. "Ini berarti dia turun lebih rendah dari batas aman. Ada ketinggian minimal untuk medan mulus, daerah perbukitan, dan daerah pegunungan. Jika jet sampai celaka, berarti ada aturan ketinggian yang dilanggar."

Jika reruntuhan terletak di 1,5 km dari titik terakhir komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara - ini berarti hanya beberapa detik penerbangan. "Ini berarti kita berbicara bukan tentang pesawatnya, tetapi tentang pilot. Ini kesalahan pilot," katanya.

Seorang pilot Indonesia, yang telah menerbangkan lebih dari 33.000 jam, juga sangat percaya kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan manusia. "Saya tidak bisa tidak bertanya-tanya sendiri, mengapa pilot meminta untuk turun ke 6.000 kaki? Itu melanggar izin ketinggian minimal (minimum obstacle clearance  altitude/MOCA). Di lokasi itu, clearance minimum adalah sekitar 11.000 kaki," kata Ronny Rosnadi seperti dikutip Russia Today 

"Pesawat itu seharusnya turun ke ketinggian yang lebih rendah hanya ketika mendekati sebuah titik di selatan pantai Pangandaran. Itu jauh lebih aman," tambahnya.

Rosnadi menyatakan pilot Rusia mungkin telah dalam kondisi tidak stabil saat berada dalam pesawat. "Dia bisa saja terlalu percaya, atau hanya lelah," kata mantan pilot Merpati Nusantara Airlines ini.(yahoo)

DIKUTIP.COM - Mengurutkan kejadian sebelumnya dari beberapa kecelakaan pesawat terbang ini, tentunya ada beberapa faktor penyebab, hal ini bisa karena kelalaian, kesalahan teknis, kerusakan dan salahnya komunikasi, kali ini dikutip.com mencoba memberikan sedikit gambaran cara kerja dan cara komunikasi sebuah pesawat dengan beberapa sistem komunikasi yang sudah tersedia secara canggih, berikut beberapa alat dan fungsinya.

Memang ATC, LUT dan Beacon salah satunya bisa memancarkan sinyal ELT merupakan satu kesatuan sistem yang tidak bisa dipisahkan. Satu saja dari tiga organ tersebut yang rusak, semuanya jadi berantakan, seperti kasus hilangnya Pesawat Sukho. Akibat hilangnya signal yang pesawat tidak terdeteksi dari radar.

Adapun cara kerja sistem ATC ialah sebagai berikut, pertama, beacon alat pengirim sinyal darurat yang dipasang pada setiap pesawat terbang yang hendak lepas landas atau kapal laut yang akan mengarungi lautan atau kendaraan lain yang hendak melaju bila terjadi musibah, baik di darat, laut maupun udara, baik secara otomatis maupun manual akan memancarkan sinyal distress pada frekuensi 121,5 MHz untuk pelayaran dan 243 MHz untuk penerbangan atau 406 MHz untuk pelayaran maupun penerbangan.

Kemudian, pancaran sinyal ini akan dideteksi satelit ATC yang melintas di atasnya. Untuk dapat bekerja dengan baik beacon tersebut harus dalam kondisi yang layak pakai, sehingga sinyal yang terpancar dapat diterima dengan baik oleh satelit ATC.

ATC pun memancarkan kembali sinyal tersebut ke bumi. 
Sinyal tersebut ditangkap stasiun bumi penangkap sinyal, yakni LUT. Kemudian LUT memprosesnya untuk menentukan posisi dan identitas beacon.
Sinyal distress tersebut bersama dengan data beacon dan lokasi oleh Mission Control Centre (MCC) dikirim ke Rescue Coordinating Centre (RCC) atau MCC lain bila lokasi musibah tersebut berada di wilayah lain.

Semuanya diproses dibawah kontrol komputer sehingga berjalan secara otomatis. Setelah itu, Tim SAR diberangkatkan ke lokasi yang ditunjukkan sinyal tersebut untuk mencari dan menyelamatkan korban.

ATC, LUT dan beacon merupakan satu kesatuan sistem yang tidak bisa dipisahkan bagi dunia penerbangan. Salah satu saja rusak, semuanya bisa jadi berantakan, seperti kasus hilangnya pesawat shukoi superjet 100.

  • Sabtu, Mei 12, 2012
  • Administrator


DIKUTIP.COM - Rosandy Sriwidia Nugroho (Sandy) kontestan asal Solo terpaksa pulang minggu ini di ajang Indonesian Idol 2012. Dia kalah berlaga dengan tujuh kontestan lainnya setelah memperoleh dukungan SMS paling sedikit dari pemirsa di rumah.

Sebelum diputuskan 'angkat koper', pria berusia 25 tahun itu berada di posisi tidak aman bersama Rosa dan Dera.

Sandy juga memohon kepada ibundanya untuk ikhlas, walaupun sang ibunda tak dapat menahan tangis melihat anaknya dipulangkan malam itu.

“Mama mohon ikhlas, buat teman-teman di Indonesia mohon dukung Sandy di musik,” ungkapnya.

Dia tampak berusaha tegar dengan memberikan senyum yang tersorot oleh mata kamera.

“Harus senyum terus, apapun yang terjadi harus dihadapi dengan senyuman,” katanya di Studio Kebon Jeruk RCTI, Jakarta Barat, yang disiarkan langsung.

Di malam terakhirnya di panggung Spektakuler Show 5, Sandy membawakan lagu milik Ello berjudul "Masih Ada". Sayangnya penampilan Sandy ditanggapi negatif juri Melly Goeslaw. Sandy, kata Melly, terlalu sama dengan gaya penampilan aslinya dan juga tidak menjiwai isi lagu.

Tim juri yang sebenarnya memiliki hak veto untuk membatalkan pemulangan Sandy lagi-lagi tidak digunakan, karena juri Anang, Melly, dan Ahmad Dhani sebelumnya sudah memprediksi Sandy bakal dipulangkan.

Artikel Terkait
 GO
DIKUTIP.COM - Jatuhnya pesawat Sukhoi  Superjet 100 di Lereng Gunung, tentunya masih menjadi tanda tanya penyebab sehingga terjadinya kecelakaan, sejumlah dugaan muncul terjadinya kecelakaan ini, mulai dari faktor cuaca kerusakan mesin dan faktor alam, hanya saja dari berbagai sumber kebingungan saat Pilot pesawat Sukhoi Superjet 100 ini meminta izin menurunkan ketinggian dari 10.000 kaki menjadi 6.000 kaki setelah meminta izin dari ATC, 

Ini tentunya menjadi tanda tanya besar bagi kita semua, sedangkan ketinggian Gunung Salak I (7.152 kaki) apabila terbang dengan ketinggian tersebut sangat mungkin akan menabrak Gunung Salak I, dimana penemuan puing puing pesawat Sukhoi berada pada ketinggan 5.800 kaki.

Sebagai gambaran ilustrasi video jatuhnya Pesawat Sukhoi apabila benar terbang diketinggian 6000 kaki.



Artkel Terkait

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive