DIKUTIP.COM - Anda punya 
toko online? Apakah  produk-produk Anda laris manis di ranah maya? Kalau belum, artinya Anda  belum maksimal memasarkan produk-produk Anda
 secara online. Apalagi saat  ini semakin banyak saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda  tipis siap menghadang kesuksesan Anda. Nah, tampaknya Anda harus mulai  mencoba tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan  toko online Anda. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset 
penjualan  Anda akan meningkat drastis.
Facebook, hampir semua orang  memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah  terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada  Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang  sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage  Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan lain dari Facebook adalah  tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib,  hanya  cukup dengan sekali klik saja, Anda bisa mengirimkan promo-promo Anda ke  semua orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Ini artinya Anda  menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen. Selain itu  juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook ataupun di  website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan memudahkan  produk Anda dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu  produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.
Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini  bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab,  bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk Anda tapi masih ragu.  Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk Anda.
 
2. Website Mobile
 BlackBerry, iPhone dan  Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi,  tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko  online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon  konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang  mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan  posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk  yang mereka cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online  yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan  segi marketing Anda akan memperluas wilayah pemasaran Anda juga.
Ketika Anda bingung bagaimana caranya  agar lebih meluaskan domain dari toko online Anda, jangan ragu untuk  mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali  website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang  produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet,  semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda  jual.
Bisnis  berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online  biasa. Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa  mengakses keberadaan Anda saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare.  Buat Anda yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang  bisa mengakses keberadaan Anda saat ini, kota dimana Anda tinggal,  tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan mudah Anda juga bisa 
update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit Anda.
Tariklah pelanggan agar mampir ke toko  Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan  banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para  pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk toko Anda,  Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para calon  konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon  konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya  berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu.
Siapa  bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba  sesuatu yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat  iklan tentang satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi,  cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube.  Tak perlu  membuat video yang lama, paling tidak membuat video  berdurasi 30 detik  sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk Anda  semakin menggoda.  Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga  para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel  yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.
Hanya  membuka lapak di toko online  sendiri, tentu sudah banyak orang yang  melakukannya. Agar toko online  Anda menjadi lebih ramai dikunjungi,  jangan malas untuk beriklan di  website-website lainnya, sehingga akan  membuat trafik Anda menjadi naik  dan akan semakin sering didatangi  darimana saja.
Baik berjualan secara real ataupun  online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang  punya budget pas. Harga  mungkin akan menjadi yang paling sering  dilirik, karena biarpun produk  yang Anda jual bagus, tapi kalau di toko  sebelah, harganya lebih murah,  maka siap-siap kehilangan pelanggan.  Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda  secara  berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran  harga  yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya  ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin  sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses toko online Anda.  Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online  yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak  gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen  yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
Visualisasi desain toko online yang  bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih  nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang  sudah Anda sediakan.
Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk,  dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa  dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih  cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula,  Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan  berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau  yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin  dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia  butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan  membutuhkan waktu, sedangkan para calon konsumen Anda bisa saja sibuk  dan ingin cepat-cepat membeli apa yang mereka butuhkan saat itu juga.
 Resolusi 1024×768,  banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja  terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak  resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440  ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat  website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya  saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja.
Tak jarang pula kebanyakan website toko  online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini  rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman  satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke  bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih  produk yang dibutuhkannya.
Poin ini tampaknya agak dilema, dimana  Anda harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu  halamanwebsite. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat.  Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. Bisa Anda bayangkan  ketika Anda memasang produk dengan animasi-animasi Flash di dalamnya  untuk mempercantik. Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash, maka  animasi ini tak akan muncul, justru akan membuat ruang kosong saja  nantinya.
Tentu saja animasi AJAX yang ditampilkan  ini tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis,  konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih  ringan dan cepat diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen  pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Mereka akan datang  lagi dan datang lagi. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik  website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website  toko online Anda.
Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil  memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang  cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan  yang disampaikan pada pengguna.
Masih banyak sekali website toko online  yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini  membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula,  akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser  tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang  baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi  ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu  Anda memberikan kesan yang cocok dari toko online Anda. Misalkan Anda  menjual produk-produk untuk para wanita, maka akan cocok bila Anda  gunakan huruf yang luwes dan terkesan feminin.
Toko online yang modern saat ini  rata-rata menggunakan setidaknya 75%  halaman untuk menampilkan katalog  produknya, selebihnya akan digunakan  sebagai navigasi halaman ataupun  ruang kosong.
Katalog tidak hanya terdiri dari  kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar  ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen.  Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti tidak  akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik  mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga  mata akan betah untuk berlama-lama menatapnya.
Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi laris manis di pasaran.