• Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Kita barangkali sudah banyak melihat foto-foto para awak Sukhoi Superjet100 yang beredar di dunia maya, mulai dari teknisi, pramugari, pilot sampai para penumpang yang notabene sebagian besar pengusaha dan media. Sebagian besar orang mungkin hanya melihat sekilas dan tidak memperhatikan detail aktivitas yang terjadi, baik sebelum take off maupun selama perjalanan. Berdasarkan pengamatan dari sekian banyak foto yang beredar, setidaknya ada 3 foto yang menampilkan aktivitas yang barangkali bisa dikaitkan dengan kecelakaan yang terjadi.

Biasanya suguhan seperti ini dilakukan setelah pesawat mengudara dengan aman di atas ketinggian tertentu. Hal ini diperkuat dengan siatuasi dimana para pramugari bisa menyajikan minuman bir dengan baik.
Kita tidak bisa meyakini apakah para pilot dan ko-pilot turut disuguhi minuman bir atau tidak. Jika itu terjadi, bisa dipastikan kelalaian manusia (human error) merupakan salah satu penyebab kecelakaan pesawat canggih Sukhoi Superjet100. Wallahu a’lam,







 GO
  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM -  Seluruh rakyat Indonesia masih menanti-nanti bagaimana nasib yang dialami saudara-saudara kita yang menumpang pesawat canggih Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan menabrak gunung Salak Bogor. Pada kesempatan ini, dikutip.com memposting ulang foto-foto yang dimuat di halaman yahoo! yang menggambarkan bagaimana gerak dan jejak langkah tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI dan relawan ketika melakukan proses penyelamatan dan evakuasi pada Jumat (11/5) pagi. Tim memprioritaskan evakuasi melalui jalur udara karena sulitnya evakuasi melalui jalur darat, terutama ketika berada di lokasi kecelakaan yang tepat berada di jurang yang kecuramannya 85 derajat itu. 

Tim penyelamat berjalan menuju posko jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 milik Rusia di Cepelang, Cijeruk, Bogor, Jabar, Kamis (10/5). Tim penyelamat belum bisa melakukan evakuasi terhadap pesawat yang jatuh di kawasan Gunung Salak karena kondisi medan yang sulit dijangkau dan berkabut. 

Sejumlah relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) berdialog dengan rekan sesama PMI untuk rencana evakuasi pesawat Sukhoi Superjet 100 milik Rusia di Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jabar, Kamis (10/5). Tim penyelamat belum bisa melakukan evakuasi terhadap pesawat yang jatuh di kawasan Gunung Salak karena kondisi medan yang sulit dijangkau dan berkabut.

Dua personel tim Search And Rescue (SAR) tengah beristirahat usai mempersiapkan perbekalan untuk evakuasi penumpang pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Posko Gabungan yang terletak di Balai Embrio Ternak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5). Rencana tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI dan relawan akan kembali melakukan proses penyelamatan dan evakuasi penumpang naas tersebut pada Jumat (11/5) pagi dengan memprioritaskan evakuasi melalui jalur udara karena sulitnya jalur darat.

Dua personel tim Search And Rescue (SAR) berjalan kembali ke Posko Gabungan usai mempersiapkan perbekalan untuk evakuasi penumpang pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Posko Gabungan yang terletak di Balai Embrio Ternak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5). Rencana tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI dan relawan akan kembali melakukan proses penyelamatan dan evakuasi penumpang naas tersebut pada Jumat (11/5) pagi.

Sejumlah petugas SAR meyisir hutan Gunung Salak dari kawasan Cijeruk Bogor di ketinggian 1200 dpl, Kamis (10/5).

Prajurit TNI bersiap meyisir hutan Gunung Salak dari posko di kawasan Cijeruk Bogor, Kamis (10/5).

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Daryatmo (kiri) didampingi Direktur Operasi Basarnas Marsekal Pertama TNI Sunarbowo Sandi (kanan) memberikan keterangan pers di Posko Pusat Krisis pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (10/5). Basarnas menunda proses evakuasi korban pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di tebing kawasan Gunung Salak, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.


Foto udara lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang diambil menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU dengan pilot Mayor Pnb Levi dari Lanud Atang Sanjaya, Bogor di kawasan Gunung Salak, Jawa Barat, Kamis (10/5). Tim Search and Rescue (SAR) udara dari Lanud Atang Sanjaya telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 pada pukul 9.20 WIB, Kamis (10/5) di pinggir tebing kawasan Gunung Salak, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.

Helikopter jenis Sikorsky S-76C milik Travira Air terbang kembali usai menurunkan personel Search And Rescue (SAR) di helipad yang dibangun di kawasan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5). Hingga saat ini tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI dan relawan belum mampu mengevakuasi penumpang pesawat Sukhoi Super Jet 100. 

Sejumlah prajurit TNI AD mengangkat logistik untuk persiapan evakuasi penumpang pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Posko Balai Embrio Ternak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/5). Rencana tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI dan relawan akan kembali melakukan proses penyelamatan dan evakuasi penumpang naas tersebut pada Jumat (11/5) pagi dengan memprioritaskan evakuasi melalui jalur udara karena sulitnya jalur darat.

Personel TNI AD mencari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 dengan menyisir kawasan Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/5). Tim Search and Rescue (SAR) udara dari Lanud Atang Sanjaya telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di pinggir tebing kawasan Gunung Salak, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. 

Personel TNI AD mencari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 dengan menyisir kawasan Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/5). Tim Search and Rescue (SAR) udara dari Lanud Atang Sanjaya telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di pinggir tebing kawasan Gunung Salak, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.

Personel TNI AD mencari lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 dengan menyisir kawasan Gunung Salak, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/5). Tim Search and Rescue (SAR) udara dari Lanud Atang Sanjaya telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 di pinggir tebing kawasan Gunung Salak, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator

DIKUTIP.COM - Setiap Perempuan punya hak yang sama dalam Islam hanya saja kita harus mengetahui secara detail apa saja Hak perempuan yang boleh dan tidak diperbolehkan,  Berikut ini adalah hak-hak perempuan dalam Islam, yang disarikan dari buku Al-Mar'ah wa Haququha As-Siyasiyyah fil Islam karya Abdul Majid Az-Zindani :

Hak-hak Kemanusiaan

1. Hak untuk hidup
...dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya)... (QS. Al-An'am : 151)

2. Hak mendapatkan kemuliaan kemanusiaan
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS. Al-Isra' : 70)

3. Hak kesetaraan dengan pria dalam hal balasan amal/pekerjaan baik di dunia maupun akhirat
Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun (QS. An-Nisa' : 124).

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (QS. An-Nahl : 97)

4. Hak mengemukakan pendapat dan musyawarah
Sejak awal, Islam telah memberikan hak kepada perempuan untuk berpendapat dan disertakan dalam musyawarah. Hak itu sebelumnya dibelenggu di era jahiliyah. Maka sirah nabawiyah memaparkan hak-hak ini demikian banyak dalam berbagai kesempatan yang tercatat sejarah hingga kini.

Misalnya, Khadijah selalu menjadi teman diskusi dan musyawarah Rasulullah termasuk saat beliau baru saja mendapatkan wahyu di gua Hira. Kaum wanita menyampaikan usul untuk menentukan hari tersendiri bagi mereka agar memiliki majlis khusus bersama Rasulullah. Ummu Salamah memberikan solusi pada perjanjian Hudaibiyah. Bahkan ada perempuan yang mendebat Rasulullah hingga menjadi asbabun nuzul ayat berikut ini:

Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat (QS. Al-Mujadilah : 1)

Hak-hak Ekonomi
Syariat Islam telah memberikan hak-hak ekonomi kepada perempuan dengan memberikan hak kepemilikan dan pengelolaan. Islam memberikan kebebasan kepada perempuan untuk mengelola dan mengatur urusannya dalam hal harta, perdagangan, dan lainnya. Perempuan memiliki hak untuk melakukan akad jual beli, persewaan, perserikatan, dan sebagainya. Bahkan perempuan juga berhak untuk menentukan besaran mahar yang akan diterima dari suaminya.

Hak-hak Sosial dan Pendidikan

1. Mendapatkan perlakuan baik; baik sebagai saudari, anak, ibu, istri, atau nenek
Tidaklah memuliakan wanita, kecuali lelaki mulia. Dan yang menghinakan wanita, pastilah lelaki hina. (HR At Tirmidzi)

2. Hak mendapatkan pendidikan dan pengajaran
Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim (HR. Ahmad). Muslim di sini mencakup laki-laki dan perempuan. Mengapa kalian (wahai perempuan) tidak mengajarkan ruqyatun namlah kepada perempuan ini –sambil menunjuk Hafshah- sebagaimana kalian mengajarkan menulis kepadanya? (HR. Abu Dawud)

3. Hak memilih suami
Janda lebih berhak dengan dirinya (untuk memilih siapa suaminya) daripada walinya, sedangkan gadis dimintai izin oleh ayahnya dalam hal pernikahannya, dan diamnya adalah tanda setuju (HR. Bukhari)

4. Hak untuk meminta cerai (talak) jika ada alasan yang diizinkan syariat

5. Hak mendapatkan nafkah
...Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf... (QS. Al-Baqarah : 233). Ketahuilah, sesungguhnya kamu memiliki hak atas istrimu dan istrimu memiliki hak atas kamu (HR. Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Abu Dawud)

6. Hak mendapatkan warisan
Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan (QS. An-Nisa' : 7)

7. Hak mendapatkan mahar
Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan (QS. An-Nisa' : 4)

8. Hak beraktifitas/bekerja
Pada dasarnya perempuan lebih baik di rumah untuk mendidik putra-putrinya dan mengelola rumah tangga. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki hak untuk beraktifitas di luar rumah/bekerja. Maka dalam sirah nabawiyah didapatkan sahabiyah yang beraktifitas di luar rumah untuk pendidikan hingga jihad (sebagai tenaga medis, konsumsi, motivator, dan lain-lain).

Hak-hak Konstitusi
Perempuan juga memiliki hak untuk ikut berpartisipasi dalam masalah politik dan hukum. Karenanya Islam juga memberikan hak perempuan sebagai saksi. Semasa Rasulullah pun, perempuan juga bisa menjadi juru fatwa dalam masalah hukum, khususnya shahabiyah yang menguasai hadits seperti Aisyah (dk/dakwahbersama)
  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Selain kotak hitam, hasil percakapan terakhir antara pilot dengan pusat radar (Air Traffic Control/ATC) Bandara Soekarno Hatta merupakan sumber penting untuk menguak apa gerangan yang membuat kecelakaan naas yang dialami pesawat Sukhoi Superjet100 pada sore 9 Mei 2012 lalu. Hasil percakapan tersebut terekam jelas dan disimpan dengan baik oleh pihak bandara dan siap diserahkan kepada pihak-pihak terkait yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan pemeriksaan penyebab kecelakaan. Pengelola Bandara Soekarno Hatta masih merahasiakan isi percakapan pilot pesawat Sukhoi Superjet-100 saat detik-detik terakhir sebelum pesawat itu hilang kontak.

KNKT adalah pihak yang beruntung dan pertama kali menerima rekaman itu. Rekaman tersebut berisi data percakapan terakhir antara kru pesawat Sukhoi dan petugas ATC. Hingga satu hari pasca kecelakaan, PNKT masih berupaya mencari titik kordinat pesawat yang hilang tersebut. Selain itu, rekaman tersebut juga sudah diserahkan pada Basarnas dan Lanud Halim Perdana Kusumah untuk memadukan hasil penyelidikan dengan KNKT.

Informasi awal yang bisa diketahui publik adalah bahwa sebelum menghilang, pesawat komersil berpenumpang 50 orang itu sempat melakukan kontak dengan petugas air traffic control (ATC) bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat komersial Sukhoi Superjet L100 hilang dari pantauan radar. Pesawat itu lepas landas dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma pukul 14.30. Pesawat superjet L100 Sukhoi merupakan pesawat jet komersial pertama produksi pabrikan Sukhoi Rusia yang mendapat sertifikasi FAA (Federation Aviation Associatin) dari Amerika Serikat dua tahun lalu. Pesawat ini sekelas Boeing 737 seri 400 dan dijagokan oleh Sukhoi untuk pasar Asia Pasifik.

Pesawat ini termasuk tercanggih di kelasnya. Namun secanggih apapun itu, tidak akan mampu menolak takdir-Nya. Semoga ini menjadi catatan bagi Phylovers bahwa Kuasa Tuhan adalah di atas segalanya. Kita doakan bersama semoga para korban segera ditemukan dan dikembalikan pada keluarga masing-masing, syukur alhamdulillah jika semuanya selamat. Semoga keluarga tabah dan tetap semangat.


Artkel Terkait
 GO
  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Pesawat jet yang didukung oleh mesin jet dan bergerak lebih cepat dibandingkan dengan pesawat baling-baling bertenaga. Anda dapat melihat sebuah pesawat jet di tempat tertentu sebelum suara anda bahkan bisa mencapai sana! Ya diragukan lagi beberapa pesawat jet bahkan bergerak lebih cepat dari kecepatan suara. Konsep pesawat jet pertama kali diberikan oleh dua insinyur, Frank Whittle dari Inggris dan Hans von Ohain Jerman. 

Berikut Merupakan 10 Pesawat jet tercepat di Dunia:

10: General Dynamics F-111 "Aardvark"
Hal ini dikembangkan pada tahun 1960 ini dengan AS dan sedang dipakai aktif dari Angkatan Udara Australia. kecepatan maks adalah Mach 2,5 / 2,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Aardvark ini didukung oleh kembar Pratt & Whitney TF30-P-100 afterburner fans turbo.


9: MIG 31 Foxhound
Hal ini dihasilkan oleh Rusia dan merupakan versi lanjutan dari MiG-25 FoxBat. Kecepatan maks Foxhound adalah 2,83 Mach atau 1860 mph dan didorong oleh dua afterburner SoloveivD-30F6 fans turbo. Foxhound memiliki kemampuan untuk memproduksi 34.172 lbf dorong kering.

8: F-15 Eagle
Sebuah produk dari Amerika Serikat, F-15 Eagle ini didukung oleh ganda Pratt & amp; Whitney F100 turbofan axial-flow dengan kemampuan untuk menghasilkan 29.000 lbf dorong. Ia memiliki kecepatan maksimal 2.5 Mach.




7: XB-70 Valkyrie
Ia memiliki kecepatan maksimal 3.1 Mach dan dihasilkan oleh Amerika Serikat. Hal ini didukung oleh General Electric 6 YJ93-mesin afterburning GE-3 turbojet.

6: Bell X-2 Starbuster
jet ini dilengkapi dengan sejarah yang sedih tapi sukses dengan itu. Hal ini menghasilkan oleh Amerika Serikat dan merupakan proyek penelitian dengan kemampuan untuk menyeberang Mach 3. Lt.Col. Frank K. "Pete" Everest pada bulan November 1955 yang pertama untuk menguji jet ini dan ia terbang hal di atas Mach 3, tetapi sayangnya, ini mengambil nyawanya juga. Memang insiden putus asa. Starbuster didukung oleh tingkat XLR25 laut dua-ruang dorong katup-mesin mampu.




5: Mig-25 "Foxbat"
Hal ini dihasilkan oleh Rusia dan sangat pragmatis dalam berfungsi pada ketinggian tinggi di atas 80.000 kaki. kecepatan maks adalah 3,2 Mach dan ini didukung oleh kembar R Tumansky-15B-300 turbojet afterburning.


4: SR-71 Blackbird
Hal ini dikembangkan oleh Lockheed Corporation, USA pada tahun 1960-an dan merupakan versi upgrade dari U-2 pesawat pengintai. Hal ini didukung oleh 2 Pratt $ amp; Whitney J58-1 kontinyu-berdarah turbojet afterburning dengan kemampuan untuk memasok 32.500 lbf dorong masing-masing. Hal ini dapat terbang ketinggian setinggi seperti yang 100.000 kaki dengan 3 kali kecepatan suara (Mach 3,5). Hal ini digunakan oleh USAF selama 40 tahun dan sudah pensiun pada tahun 1998.




3: X-15
Dengan kecepatan maksimal Mach 6,72, X-15 adalah 3 pesawat jet tercepat. mesin adalah Thiokol XLR99-RM-2 bahan bakar cair mesin roket yang menggunakan bahan bakar oksigen cair kami. Hal ini dapat terbang setinggi 354.330 meter.


2: X-43A
jet ini didorong oleh Hidrogen dan dapat bergerak pada kecepatan 9,8 Mach. kredit pergi ke ramjet-supersonic-pembakaran. Hal ini dihasilkan oleh Amerika Serikat.


1: Space Shuttle
Pesawat tercepat di dunia yang didukung oleh 3 majelis yang mengandung dapat digunakan kembali Orbiter Kendaraan atau OV, tangki eksternal atau ET yang didorong oleh LOX/LX2, dan 2 roket pendorong padat dapat digunakan kembali atau BPRS yang didukung oleh MMH/N204. kecepatan maks adalah lebih dari 20 Mach.


Artikel Terkait


DIKUTIP.COM - Pesawat Sukhoi Superjet 100 buatan Rusia merupakan salah satu pesawat yang jatuh di wilayah Gunung Salak bukanlah kecelakaan yang pertama terjadi di Gunung Salak. Sebelumnya sejumlah pesawat juga pernah jatuh dan hilang di daerah tersebut. 

Berdasarkan data yang dihimpun dari Wikipedia,Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung  ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. Letak astronomis puncak gunung ini ialah pada 6°43' LS dan 106°44' BT. Tinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl. 

Gunung Salak dapat didaki dari beberapa jalur pendakian. Puncak yang paling sering didaki adalah puncak II dan I. Jalur yang paling ramai adalah melalui Curug Nangka, di sebelah utara gunung. Melalui jalur ini, orang akan sampai pada puncak Salak II.

Puncak Salak I biasanya didaki dari arah timur, yakni Cimelati dekat Cicurug. Salak I bisa juga dicapai dari Salak II, dan dengan banyak kesulitan, dari Sukamantri, Ciapus.

Jalur lain adalah ‘jalan belakang’ lewat Cidahu, Sukabumi, atau dari Kawah Ratu dekat Gunung Bunder.

Gunung Salak meskipun tergolong sebagai gunung yang rendah, akan tetapi memiliki keunikan tersendiri baik karakteristik hutannya maupun medannya. Bahkan sejumlah pesawat yang terbang di wilayah Gunung Salak pernah jatuh dan hilang. Saat ditemukan penumpang rata-rata dalam kondisi meninggal dunia. 

Berikut ini sejumlah pesawat yang pernah jatuh di Gunung Salak yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Pesawat Trike bermesin PKS 098 jatuh di Lido, Bogor.Tanggal 10 Oktober 2002 1 tewas
  • Helikopter Sikorsky S-58T Twinpac TNI AU jatuh di Kecamatan Kemang, Kabupaten    Bogor, Tanggal 29 Oktober 2003, 7 tewas
  • Pesawat Paralayang Red Baron GT 500 milik Lido Aero Sport, jatuh di Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Tanggal 15 April 2004 Korban 3 orang tewas.  
  • Pesawat Cessna 185 Skywagon, jatuh di Danau Lido, Cijeruk, Bogor. Tanggal 20 Juni 2004,  5 orang tewas. 
  • Pesawat Casa 212 TNI AU jatuh di Gunung Salak di ketinggian 4.200 kaki dari  permukaan laut. Juni 2008,  18 orang tewas. 
  • Pesawat latih Donner milik Pusat Pelatihan Penerbangan Curug jatuh di Kampung Cibunar, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo,Kabupaten Bogor.  30 April 2009  Korban: 3 tewas
  • Pesawat Sukhoi Superjet 100 buatan Rusia jatuh di Gunung Salak .9 April 2012 Jumlah penumpang 46 orang.
Statistik Gunung Salak
  • Gunung Salak terletak pada 6°43′ LS dan 106°44′ BT terdiri dari tiga puncak:
  • Puncak Gunung Salak I 2.211 m (sekitar 7.253 kaki)
  • Puncak Gunung Salak II 2.180 m dpl (7.152 kaki)
  • Puncak Sumbul 1.926 m dpl (6.318 kaki).
Banyak beberapa media mengatakan Gunung salak menjadi kuburan bagi pesawat.. sungguh misterius.

  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Ketua Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Daryatmo mengatakan tim evakuasi sudah menemukan jenazah 12 penumpang pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menabrak punggung gunung dan jatuh di kawasan Gunung Salak, Bogor, pada Rabu (9/5).


"Tapi belum bisa diidentifikasi dan dievakuasi karena heliped untuk evakuasi udara belum bisa digunakan. Cuaca juga sedang kurang mendukung," katanya saat menyampaikan keterangan kepada pers di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Jumat.

"Kami mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan," tambahnya.

Ia menambahkan, tim SAR melakukan evakuasi melalui jalur darat mulai pukul 10.00 WIB pagi ini.

"Evakuasi dilakukan secara hati-hati karena lokasi crash site yang terjal dan lokasi hanya bisa dijangkau dengan tali," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa tim SAR terus berusaha mengumpulkan semua korban dan akan melanjutkan evakuasi melalui udara setelah keadaan memungkinkan.

"Kami akan bekerja maksimal, sampai kapan kami belum tahu karena cuaca masih berkabut," katanya.
(M048)
  • Jumat, Mei 11, 2012
  • Administrator


DIKUTIP.COM - Tim SAR akhirnya tiba di lokasi pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di kawasan Gunung Salak, Jawa Barat. Dari lokasi kejadian, Tim SAR menemukan korban jiwa dalam kondisi meninggal. 

"Jasad sudah ditemukan oleh tim evakuasi, jumlahnya masih di data," kata Kepala Bagian Humas Badan SAR Nasional, Gagah Prakoso dalam perbincangan dengan VIVAnews, Kamis 10 Mei 2012.

Gagah tidak merinci berapa jumlah jasad yang ditemukan dari penumpang yang berisi 45 orang termasuk awak dan penumpang itu. Berapa jasad yang ditemukan dan apakah ada yang masih selamat atau dalam kondisi hidup juga belum bisa dipastikan. 

"Saat ini kami masih menunggu kecocokan ciri-ciri korban dengan pihak keluarga," ujar Gagah. Kapan jenazah dan lokasi pesawat jatuh itu ditemukan? "Setengah jam lalu oleh tim evakuasi ditemukannya," kata dia. 

Pesawat Sukhoi Superjet 100 itu hilang sekitar pukul 14.50 WIB di kawasan Bogor. Pesawat jatuh di sela melakukan demo flight kloter kedua. Pada kloter pertama, pesawat yang sama berhasil terbang sekitar 40 menit. 

Dalam pesawat itu terdapat 8 warga negara Rusia, sisanya warga negara Indonesia. Terkait informasi adanya warga negara Prancis dan Amerika Serikat hingga kini belum bisa dikonfirmasi.


Artkel Terkait
 GO
Menasehati anak | Parenting
“Ini mainanku!” seru Zahratussita Anaya. Gadis yang belum lagi genap tiga tahun itu berteriak menukas sepupunya, Fathi Bhiya. Meski lebih kecil, Fathi tak kalah garang. Di usia dua tahun, ia sudah bisa mempertahankan barang yang ia yakini sebagai kepunyaannya. “Bukan, ini punyaku,” bantah Fathi.

Selanjutnya, bisa ditebak. Keduanya berebut mainan. Tak ada yang mau mengalah. Drama malam itu pun berakhir dengan pecahnya tangis Fathi.

Sepintas, kejadian seperti itu terbilang lumrah. Bagaimana penilaian dari kacamata psikologi? Psikolog A Kasandra Putranto menjelaskan perilaku tersebut memang merupakan polah khas anak yang usianya di bawah empat tahun. “Mereka belum memahami konsep berbagi.”

Di usia seperti Anaya dan Fathi, anak memandang dunia berpusat di dirinya. Segalanya yang ia sukai otomatis dianggap sebagai miliknya. “Anak-anak masih di fase egosentris,” ungkap Kasandra.

Kecenderungan mengklaim mainan sebagai miliknya boleh saja dimaklumi. Namun, orang tua sebaiknya tak membiarkan perilaku tersebut. “Kasus ini jamak di Indonesia,” kata Kasandra.

Sebagian kasus berlanjut hingga usia dewasa. Mereka yang gagal keluar dari fase egosentris tumbuh menjadi sosok yang pelit. “Tak ada data yang menunjukkan angka kejadiannya, tetapi bisa terlihat dengan kasat mata,” komentar psikolog yang juga pemerhati masalah anak ini.

Kasandra memaparkan setiap anak terlahir dengan dorongan-dorongan yang khas dari dalam dirinya. Tugas mereka adalah melatih kemampuan diri untuk mengendalikan dorong an tersebut sesuai dengan tatanan nilai moral sosial yang ada. “Sejumlah penyebab membuat mereka luput menguasai keterampilan ini.”

Mereka yang memiliki karakter temperamen dengan dorongan yang memang terlalu tinggi berpotensi menjadi orang yang pelit. Demikian juga, dengan orang yang tumbuh dengan minim stimulasi atau stimulasi yang tidak efektif. “Anak tunggal yang termanjakan, inkonsistensi disiplin, dan faktor orang tua atau pengasuh yang tidak kompeten juga turut andil dalam menciptakan perilaku tak menyenangkan ini,” urai Kasandra.

Telanjur pelit
Apa daya jika anak masih berada di fase egosentris di saat ia sudah harus keluar dari situ? Kasandra menegaskan orang tua sebagai tokoh sentral dalam keluarga bertanggung jawab untuk mengenali karakter anak, mengenali situasi, dan mengupayakan metode yang efektif untuk mempersiapkan anak dan mengaplikasikannya.

“Pengasuh bisa menerapkannya dengan atau tanpa bantuan ahli psikologi.” Untuk itu, Kasandra menyarankan orang tua yang kesulitan memperkenalkan konsep berbagi untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli. Tujuannya, agar masalah anak dapat terselesaikan sebelum berkembang lebih pelik.

Jika tidak dilakukan tindakan dengan cepat, anak akan membawa kelemahan pemahamannya ke tahap perkembangan berikutnya. Walhasil, ia menciptakan situasi yang sulit untuk dirinya sendiri. “Andaikan tak mau berbagi terus-terusan, anak bisa mengalami masalah sosialisasi,” ucap Kasandra.

Anak sebaiknya mulai diajak mengerti dan menyadari konsep kepemilikan di usia tiga tahun. Patokan ini tentunya berlaku untuk anak tanpa hambatan intelegensi ataupun masalah psikologis lain. Contohkan cara membedakan barang miliknya dan barang milik orang lain. “Pada anak berkebutuhaan khusus, keterlambatan pemahamannya akan bergantung tingkat keparahan faktor hambatan,” tutur Kasandra.

Inilah tips mengajak anak berbagi:

1. Anak perlu belajar sejak dini nilai-nilai moral dan sosial tentang perilaku baik ataupun buruk serta boleh atau tidak boleh.
2. Anak perlu berlatih dalam banyak situasi. Mulai dari yang sederhana untuk meminta dengan baik atau meminjamkan barang miliknya dengan ikhlas.
3. Manfaatkan buku cerita ataupun kreasikan dongeng sebagai alat bantu. Cerita pendek dari media cetak atau audiovisual cukup efektif untuk membantu orang tua menanamkan suatu nilai.
4. Libatkan anak dalam kegiatan belajar aktif dan mengalami langsung.
5. Lakukan kegiatan bermain peran untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain bila kita melakukannya.
6. Jika mengalami kesulitan pengasuhan, bekerja samalah dengan ahli untuk mengatasi masalah ini. Pengabaian hanya akan merugikan anak ke depannya. Bukan mustahil anak bakal kesulitan berinteraksi dan bersosialisasi ketika bergaul.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive