DIKUTIP.COM - Mengurutkan kejadian sebelumnya dari beberapa kecelakaan pesawat terbang ini, tentunya ada beberapa faktor penyebab, hal ini bisa karena kelalaian, kesalahan teknis, kerusakan dan salahnya komunikasi, kali ini dikutip.com mencoba memberikan sedikit gambaran cara kerja dan cara komunikasi sebuah pesawat dengan beberapa sistem komunikasi yang sudah tersedia secara canggih, berikut beberapa alat dan fungsinya.

Memang ATC, LUT dan Beacon salah satunya bisa memancarkan sinyal ELT merupakan satu kesatuan sistem yang tidak bisa dipisahkan. Satu saja dari tiga organ tersebut yang rusak, semuanya jadi berantakan, seperti kasus hilangnya Pesawat Sukho. Akibat hilangnya signal yang pesawat tidak terdeteksi dari radar.

Adapun cara kerja sistem ATC ialah sebagai berikut, pertama, beacon alat pengirim sinyal darurat yang dipasang pada setiap pesawat terbang yang hendak lepas landas atau kapal laut yang akan mengarungi lautan atau kendaraan lain yang hendak melaju bila terjadi musibah, baik di darat, laut maupun udara, baik secara otomatis maupun manual akan memancarkan sinyal distress pada frekuensi 121,5 MHz untuk pelayaran dan 243 MHz untuk penerbangan atau 406 MHz untuk pelayaran maupun penerbangan.

Kemudian, pancaran sinyal ini akan dideteksi satelit ATC yang melintas di atasnya. Untuk dapat bekerja dengan baik beacon tersebut harus dalam kondisi yang layak pakai, sehingga sinyal yang terpancar dapat diterima dengan baik oleh satelit ATC.

ATC pun memancarkan kembali sinyal tersebut ke bumi. 
Sinyal tersebut ditangkap stasiun bumi penangkap sinyal, yakni LUT. Kemudian LUT memprosesnya untuk menentukan posisi dan identitas beacon.
Sinyal distress tersebut bersama dengan data beacon dan lokasi oleh Mission Control Centre (MCC) dikirim ke Rescue Coordinating Centre (RCC) atau MCC lain bila lokasi musibah tersebut berada di wilayah lain.

Semuanya diproses dibawah kontrol komputer sehingga berjalan secara otomatis. Setelah itu, Tim SAR diberangkatkan ke lokasi yang ditunjukkan sinyal tersebut untuk mencari dan menyelamatkan korban.

ATC, LUT dan beacon merupakan satu kesatuan sistem yang tidak bisa dipisahkan bagi dunia penerbangan. Salah satu saja rusak, semuanya bisa jadi berantakan, seperti kasus hilangnya pesawat shukoi superjet 100.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive