• Minggu, April 24, 2011
  • Administrator
Suatu ketika, seorang pengguna setia webmail sedang mengkonsep email yang hendak dikirimkan kepada koleganya. Setelah mengetik panjang lebar mengenai hal yang hendak disampaikan, tombol send di-klik. 1 detik… 2 detik… 1 menit proses loadingnya gak berhenti-berhenti, hmm looks like there is something wrong. Dan benar saja, setelah selesai loading dan keterangan proses nya Done, ada tulisan di sebelah atas halaman konsep suratnya :

The 110 Can’t Open SMTP Error

Dicoba ulangi untuk kedua-kalinya, sama errornya. Syahdan, untuk tidak terjebak pada keadaan yang sama untuk ketigakalinya, dikontaklah si customer support dari perusahaan hosting tempatnya berlangganan.

Setelah diperiksa sana-sini, termasuk dicoba juga berkirim surat dari koneksi yang digunakan cs, sama saja. Dan kemudian diketahui bahwa masalah itu tidak hanya terjadi pada satu account, melainkan juga terjadi pada account lain yang berada pada satu server. Sepertinya masalahnya ada di server kalau begitu.

Penanganan pertama yang dilakukan cs adalah memastikan aktifnya seting usesendmail di program squirrelmail, cara mudahnya adalah dengan masuk ke secure shell (SSH) dengan command :

vi /usr/local/cpanel/base/3rdparty/squirrelmail/config/config.php

lalu cari baris yang ada usesendmail nya, dan seting ke ‘true‘. Kemudian untuk memastikan cpanel tidak merubah lagi setingan pada file itu, command :

chattr +ai /usr/local/cpanel/base/3rdparty/squirrelmail/config/config.php

Untuk penggunaan webmail dengan squirrelmail, itu berhasil memecahkan masalahnya. Namun tidak, bila menggunakan program horde dan roundcube. Jadi errornya lebih mendasar lagi, pastinya di setingan server nya.

Penanganan kedua dilakukan dari WHM server, masuk ke menu ConfigServer Security & Firewall, dicari saja dari kotak ‘Find’ di WHM. Lalu ke opsi setingan Firewall Configuration. Cari dan pastikan kedua setingan SMTP_BLOCK dan SMTP_ALLOWLOCAL sama value nya.

Jadi kalau SMTP_BLOCK nilainya 0, SMTP_ALLOWLOCAL juga 0. Demikian juga sebaliknya jika SMTP_BLOCK nilainya 1, SMTP_ALLOWLOCAL juga 1.

Nahhhhh, dengan seting pada penanganan kedua inilah, baru kirim mail dengan horde, squirrelmail dan rouncube bisa terproses. Dan pengguna webmail tadi dapat dengan nyaman mengirimkan mail ke koleganya (yang ternyata isinya adalah curhat mengenai kekasihnya, WTF)

—–

*Sebagai tambahan, ini keterangan untuk kedua setingan itu di WHM

# Block outgoing SMTP except for root, exim and mailman (forces scripts/users
# to use the exim/sendmail binary instead of sockets access). This replaces the
# protection as WHM > Tweak Settings > SMTP Tweaks
#
# This option uses the iptables ipt_owner module and must be loaded for it to
# work. It may not be available on some VPS platforms
#
# Note: Run /etc/csf/csftest.pl to check whether this option will function on
# this server
SMTP_BLOCK = Default: 0
# If SMTP_BLOCK is enabled but you want to allow local connections to port 25
# on the server (e.g. for webmail or web scripts) then enable this option to
# allow outgoing SMTP connections to the loopback device
SMTP_ALLOWLOCAL = Default: 0

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive