• Minggu, April 24, 2011
  • Administrator
Artikel satu ini cuma sebagai pengetahuan saja, karena di sini tidak diharapkan untuk dapat menyelesaikan masalahnya, walaupun bisa. Itu karena penyebab pesan error tadi adalah salah satu setingan di server yang ditujukan untuk melindungi server dari penggunaan SPAM yang akan menyebabkan banyak kerugian untuk server hostingnya.

Ada keluhan dari user sore ini tadi, lewat chating. Berikut ini petikan log chat nya :

me****is: Domain blablabla.co.id has exceeded the max emails per hour (90) allowed. Message discarded.
me****is: jadi gak bisa kirim email
support6: saya coba cek dulu
me****is: baik
support6: pesan error itu muncul saat melakukan apa?
me****is: kirim email
me****is: email kembali ke pengirim
support6: bisa diinfokan salah satu account emailnya?
me****is: test@blablabla.co.id pswd test01
me****is: email akan kembali ke pengirim dengan pesan Domain blablabla.co.id has exceeded the max emails per hour (90) allowed. Message discarded.

Setelah cek mx untuk web tersebut, jelas menggunakan webmail, yang artinya mail server nya menggunakan (jadi satu) dengan server hostingnya.

Hmm, sebelumnya belum pernah menemui keluhan semacam ini, biasanya pengiriman email di server diseting untuk sekali pengiriman tidak boleh lebih dari satu angka tertentu. Belum pernah dengar ada pembatasan pengiriman email per jam di server. Kalau tujuan pastinya sudah jelas, untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya spam oleh suatu account hosting di dalam server.

Langsung saja google diakses untuk ditanyai mengenai pesan erornya, hasil paling atas ketemu dengan link dari forum cpanel. Langsung tahu, apa penyebabnya. Ternyata itu adalah salah satu fasilitas di WHM server. Kebetulan untuk kasus ini, tipe WHM nya adalah cPanel 11.25.0-S46156 – WHM 11.25.0 – X 3.9 (jujur saja gak tahu yang mana sebenarnya versi WHM nya, jadi kupaste semua ).

Cara melihatnya :

Login ke WHM server,
Cari tab ‘Server Configuration‘,
Ada submenu ‘Tweak Settings‘, klik di submenu itu,
Di bawah tab ‘Mail‘ akan ada opsi ‘The maximum each domain can send out per hour (0 is unlimited)‘, dengan di sebelah kanannya ada box berisi angka xx.
Angka ‘xx’ inilah batas maksimum dari email yang dapat dikirimkan oleh suatu domain (web) dalam satu jam,
Tinggal diutak-atik angka ini untuk mengubah setingannya, dengan angka 0 justru berarti unlimited.
Nah, ketemu kan penyebabnya, seperti kusampaikan di awal tadi, ini cuma untuk pengetahuan. Tidak dianjurkan untuk mengutak-atik angka maksimal dari pengiriman email tersebut. Karena setingan itu diberlakukan untuk mencegah kegiatan SPAM di dalam server. Di mana kegiatan SPAM ini bisa menimbulkan banyak kerugian untuk kinerja server dan reputasi ip server (bisa-bisa di-banned oleh pihak lain ip-nya).

OK, this is just for shared…

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive