• Minggu, April 24, 2011
  • Administrator

Pesan error tadi adalah pesan yang muncul saat seseorang sedang menseting domainnya untuk dijadikan custom domain di blogspot. Kebetulan malam ini salah seorang klien mendapat kan masalah serupa.


(1:53:47 AM) b****e: Setiap seting custom di blogspot selalu ada notifikasi “another blog is already hosted at this address”
(1:54:25 AM) b****e: Jadi setting selalu gagal
(1:54:38 AM) b****e: Sudah ber-kali2 pak
(1:55:18 AM) b****e: Sudah menunggu lebih dari 1x24jam 4x

Dan ketika diakses domainnya, maka yang tampil adalah tampilan ‘Server Not Found Error 404′ yang tidak ada logo google seperti yang biasanya muncul saat domain diarahkan ke server blogspot, padahal ip yang tampak benar mengarah ke ip ghs.google.com.



Tampilan yang biasa muncul saat domain diarahkan ke blogspot
Untuk mengatasi ini, ada dua cara yang bisa digunakan :

Cara Pertama

Memanfaatkan bantuan yang ditawarkan oleh Google Help Group di link berikut : http://groups.google.com/group/blogger-help/web/how-to-fix-another-blog-is-already-hosted-at-this-address . Kita tinggal mengisikan nama domain yang hendak kita gunakan untuk custom domain (dengan menggunakan www.) pada Magical Custom Domain Form dan kemudian group yang baik hati ini akan berusaha menyelesaikan permasalahannya dalam waktu kurang lebih 48 jam.

Cara Kedua

Menggunakan fasilitas lain dari google, yaitu layanan google apps, untuk mereset url kita sendiri. Di sini saya akan mencontohkan menggunakan domain dari klien tadi, indochat.web.id.

Registrasikan domain kita ke layanan google apps, isi form pendaftarannya sampai tandas, dan untuk kasus ini tidak usah dipedulikan mengenai verifikasi domain. Yang penting bisa masuk ke dashboard admin email nya.

Untuk masuk ke dashboard bisa login ke https://www.google.com/a/cpanel/indochat.web.id dan masukkan username dan passwd yang kita seting saat registrasi.

Setelah berada di halaman dashboard, klik service ‘Sites‘, lalu setelah muncul halaman baru, klik link ‘Change URL‘
Muncul halaman baru untuk seting URL untuk sites, pilih yang custom (yang sebelah bawah) lalu isikan nama subdomain yang tadi kita seting di blogspot (yang kemudian menghasilkan error), dalam kebanyakan kasus, subdomainnya adalah www –> jadi isikan www ini di box yang tersedia, lalu klik ‘continue’.
Setelah itu ada lagi halaman petunjuk seting cname untuk verifikasi, sekali lagi abaikan, langsung klik saja ‘I ve complete this steps’, maka kemudian akan kembali lagi ke halaman dashboard.

Klik lagi link service ‘Sites’. Kali ini misi kita adalah menonaktifkan service ini, jadi jangan heran kalau kita harus klik link ‘Disable Sites’, mangstab saja gan, disable saja sampai akhir.

Sudah selesai
WTF?? Yah memang itu saja fungsi kita menggunakan google apps dalam kasus ini, untuk memastikan google menotifikasi dibuatnya www.indochat.web.id kemudian kita delete sites itu, sehingga memastikan bahwa google tidak lagi mencatat bahwa alamat url www.indochat.web.id ini exist.

Kemudian silakan berlenggang kangkung menseting ulang custom domain Anda di blogspot, setelah kita tunggu beberapa saat (sekitar 15 menit) untuk memastikan sistem google benar-benar telah mengupdate status tidak exist nya www.indchat.web.id he….

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive