• Minggu, April 24, 2011
  • Administrator
Bila kita menggunakan cms wordpress dari wordpress.org, maka url untuk artikel atau link dalam blog kita akan berupa angka atau kode pengarsipan oleh cms wordpress yang sulit untuk diingat, contohnya :

http://www.deedee.id.or.id/?p=110 atau http://www.deedee.id.or.id/?cat=8

Untuk membuat url menjadi lebih enak dilihat, wordpress.org juga tidak sulit, ada opsi seting permalink di wp-admin nya, tepatnya di menu Setting >> Permalinks. Di halaman menu itu ada beberapa pilihan seting permalink untuk url artikel atau link yang lain. Kita tinggal pilih salah satu model permalink nya, lalu klik Save.

Benarkah demikian?

Kalau cuma itu yang Anda lakukan, bersiaplah sport jantung, karena begitu memeriksa blog Anda, semua link ataupun artikel akan menampilkan halaman dengan tulisan besar ‘Not Found’, nah begimane nih??

Tenang dan jangan panik, wordpress sudah memberikan clue mengenai hal ini. Coba Anda tengok kembali di halaman seting permalink setelah Anda klik tombol ‘Save’ tadi. Akan ada pesan yang tampil di sebelah bawah tombol save.



jadi pesannya sebenarnya jelas. Anda harus menseting permission dari file .htaccess jadi writable (setingan 777, rwxrwxrwx), atau secara manual menambahkan script yang di bawah itu ke file .htaccess.

Kalau pendapatku, lebih mudah copy-paste saja script nya ke file .htaccess, berikut ini adalah salinan script yang sama dengan yang tampil di pesan halaman permalink :


RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]


Buka hosting manager Anda, klik menu file manager, pergi ke public_html, temukan dan edit .htaccess, masukkan script itu di sembarang tempat dalam .htaccess, lalu save. Silakan dicoba akses lagi blog Anda. Halaman link atau artikel akan tampil dengan url sesuai dengan seting permalink yang Anda pilih.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive