• Jumat, November 05, 2010
  • Administrator
Mata mengalami sejumlah perubahan seiring dengan penuaan. Lensa menjadi semakin kabur dan kehilangan kelenturan, iris menjadi lambat, dan retina menjadi kurang sensitif terhadap cahaya. Selain itu, mata berisiko lebih besar mengalami gaukoma, penumpukan tekanan dalam mata.

Secara umum, mata seseorang berusia 60 hanya menangkap setengah dari jumlah cahaya yang diterima mata anak muda. Perubahan mata terkait penuaan yang paling umum terjadi adalah rabun dekat.


Berikut beberapa gejala gangguan mata:

1. Kesulitan melihat benda dekat (kemungkinan disebabkan oleh rabun dekat).
2. Penglihatan kabur dan sensasi seperti melihat menembus kabut (kemungkinan disebabkan oleh katarak).
3. Kehilangan penglihatan tepi, kilatan cahaya atau bentuk mengambang (kemungkinan disebabkan oleh pemisahan retina).
4. Hilangnya penglihatan dengan cepat atau secara bertahap dan gangguan penglihatan saat membaca (kemungkinan disebabkan oleh macular degeneration).
5. Pandangan kabur, rasa sakit mata yang tiba-tiba dan kronis, mata berair, nyeri di mata, sakit kepala, mual dan muntah (kemungkinan disebabkan oleh glaukoma).
6. Jika mengalami salah satu atau beberapa dari gejala tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Perlindungan
Untuk mencegah kerusakan mata, berikut beberapa langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Hindari bekerja di bawah pencahayaan yang buruk. Dalam kondisi remang-remang, mata seringkali kesulitan untuk fokus. Jika dipaksakan bisa menyebabkan peregangan mata atau mata lelah. Selain itu, Anda cenderung lebih jarang berkedip saat membaca di bawah cahaya suram.Hal ini akan membuat mata kering dan tidak nyaman.
2. Batasi waktu menggunakan komputer. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, seperti diuraikan di situs womenfitness.com, bisa meningkatkan risiko glaucoma pada orang-orang yang rabun jauh.
3. Konsumsi diet sehat. Banyak nutrisi yang terkandung dalam bauh dan sayuran, bagus untuk mata. Nutrisi tersebut termasuk lutein, lutein, zeaxanthin, Meso-zeaxanthin, Co-enzyme Q10. Beberapa dari nutrisi ini
4. Terkandung dalam makanan seperti bayam dan brokoli serta kuning telur. Selain itu, cobalah menambah asupan blueberries. Buah ini dinyatakan bagus untuk menjaga kesehatan mata.
5. Olahraga teratur. Olahraga teratur akan meningkatkan suplai darah ke mata. Darah ini membawa suplai oksigen ke saraf optik dan menurunkan tekanan dalam mata. Penurunan tekanan ini sangat bermanfaat dalam mengontrol gangguan seperti glaukoma dan ocular hypertension (tekanan darah terlalu tinggi di mata).
6. Perbanyak asupan air. Air sangat penting untuk menjaga seluruh fungsi tubuh, termasuk fungsi mata. Kurang asupan air membuat Anda dehidrasi. Kondisi ini selanjutnya membuat mata jadi kering, sakit dan teriritasi. Anda dianjurkan minum paling tidak 1,5 liter air sehari. Jika berolahraga atau cuaca panas, ada baiknya menambah asupan air.
7. Jangan merokok. Rokok merusak kesehatan mata, memicu peradangan, kerusakan saraf optik, mata kering dan katarak. Cobalah berhenti merokok untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.
8. Pakai sunglasses di bawah panas terik. Terlalu banyak terpapar sinar ultra violet dari matahari bisa merusak mata. Karena itu, ada baiknya melakukan pencegahan dengan mengenakan sunglasses dengan pelindung UV tinggi dalam lensanya.

Pelajari Bates method exercises, berikut serangkaian gerakan yang bisa memperbaiki penglihatan:

1. Istirahatkan kedua siku Anda di atas meja dan tangkupkan kedua tangan di atas mata Anda. Tenangkan diri selama 10 menit. Lakukan dua kali sehari.
2. Hindari menatap benda apa pun untuk jangka waktu lama. Setiap lima menit, lihatlah ke arah lain dan fokuslah terhadap benda lain selama beberapa detik.
3. Untuk menguatkan otot-otot mata, tahan telunjuk jari dengan jarak sekitar 3,9 cm di depan mata. Kemudian tempatkan telunjuk jari yang satu lagi dengan jarak sepanjang satu lengan di belakang telunjuk jari pertama. Fokuskan kedua mata pada telunjuk jari pertama selama beberapa detik, kedipkan mata, kemudian fokus pada jari yang lebih jauh. Ulangi latihan ini sebantyak 10 kali. Kedipan di antara perubahan fokus berfungsi melumasi dan membersihkan mata.
4. Percikkan air hangat 10 kali dan kemudian air dingin 10 kali ke dalam mata. Cara ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke mata.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive