• Sabtu, Desember 17, 2011
  • Administrator
Gunung Ijen
Jember - Mulai Jumat (16/12/2011) malam, untuk sementara jalur pendakuan ke Gunung Ijen (2.368 mpl) ditutup dari semua kegiatan pendakian. Keputusan tersebut didasarkan hasil pengamatan kegempaan, visual, peningkatan suhu air danau kawah, dan analisis data di lapangan selama beberapa pekan terakhir.

Bahkan sejak Rabu (14/12/2011) pukul 23.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Ijen menetapkan, status Gunung Ijen naik dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

“Kami baru mendapat surat rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Ijen, kawah Ijen ditutup untuk umum mulai hari ini,” kata Sunandar Trigunajasa, kepala Balai Besar Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur III di Kabupaten Jember, selaku pengelola wisata alam kawah Gunung Ijen.

Menurut Sunandar, penutupan kawasan taman wisata alam kawah Gunung Ijen berlaku juga untuk para penambang belerang. Sebab dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seiring dengan peningkatan aktivitas gunung api tersebut.

“Petugas BKSDA di Pos Paltuding akan melakukan penjagaan ketat, agar para penambang dan wisatawan tidak nekat naik ke kawah Gunung Ijen karena berbahaya,” katanya.

Kalau masih ada pendaki dan petambang di jalur pendakian kawah Ijen, kata dia, petugas BKSDA akan memaksa mereka turun demi keselamatan. “Penutupan wisata kawah Gunung Ijen akan berlangsung hingga batas waktu yang tidak ditentukan, sehingga pihak BKSDA akan melakukan koordinasi secara rutin dengan PPGA Ijen di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, untuk mengetahui perkembangan terkini aktivitas Gunung Ijen,” katanya.

Data BKSDA Wilayah III Jatim di Jember, selama 2010, jumlah wisatawan ke Taman Wisata Alam Kawah Ijen sebanyak 14. 698 orang baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

sumber : surya

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive