Setelah membuat email account melalui CPanel, langkah selanjutnya adalah mengakses email tersebut menggunakan webmail maupun email client. Tutorial kali ini akan memandu Anda dalam menggunakan webmail untuk mengakses email Anda.
Keuntungan menggunakan webmail adalah Anda bisa membuka webmail dari mana saja dengan mudah selama terdapat koneksi internet dan browser web. Tidak perlu menginstal program apapun di komputer yang Anda gunakan serta tidak perlu melakukan seting apa-apa.
Tentu saja akan sangat membantu bagi Anda yang sering berganti-ganti komputer, misalnya di warnet atau ketika harus meminjam komputer teman karena tidak membawa laptop.
Cara mengakses webmail sangat mudah. Anda cukup membuka alamat http://namadomain.com/webmail/ di browser web yang Anda gunakan. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, tergantung browser yang Anda pergunakan:
Dialog login ini memang mirip dengan dialog login CPanel, tetapi tidak bisa menggunakan username dan password CPanel. Pada dialog tersebut, Anda harus menulis alamat email dengan lengkap (termasuk nama domain) lalu kemudian mengisi password email (bukan password CPanel).
Pada contoh di atas kami menggunakan slametraharjo@namadomain.com, tentu saja hal ini disesuaikan dengan username email dan nama domain Anda, misalnya sales@tokopesawat.com.
Setelah berhasil login, akan muncul tampilan sebagai berikut:
tampilan awal webmail
Selanjutnya Anda tinggal memilih 3 pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca email. SquirrelMail menjadi rekomendasi kami karena sangat simpel dan mudah digunakan. Sedangkan Horde dan Round Cube juga tidak kalah bagusnya karena dilengkapi tampilan yang lebih bagus dan menarik.
Jika Anda sudah cocok dengan salah satu aplikasi yang ada, Anda bisa mengeklik link Enable Autoload di bawah aplikasi pilihan Anda tersebut sehingga setiap kali login ke webmail maka aplikasi tersebut akan langsung terbuka tanpa Anda harus klik terlebih dahulu.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive