Tutorial ini akan memandu Anda dalam melakukan dumping database di localhost agar dapat diupload ke server hosting. Dumping sendiri artinya kurang lebih adalah mengubah/mengekspor database ke dalam file SQL agar dapat diupload ke server hosting. Langkah-langkahnya cukup mudah, pastikan bahwa Apache dan MySQL sudah aktif.
  1. Selanjutnya akses halaman PHPMyAdmin menggunakan web browser, biasanya di halaman http://localhost/phpmyadmin/
  2. Di sebelah kiri, pilih database dengan cara di-klik pada nama database yang akan di-dump atau di-export menjadi file SQL agar bisa diupload ke server hosting. Dalam contoh ini saya akan men-dump database joomla1.6.

  3. Setelah database terbuka, klik pada menu Export yang ada pada bagian atas dan supaya semua table terpilih, pilih link Select All seperti screenshot ini:
  4. Geser kursor Anda kebawah dan akan tampil screenshot seperti ini:
  5. Contreng pada pilihan Save as file agar hasil export/dump ini nanti berupa file. Jika database Anda berukuran besar, sebaiknya pilih zipped atau gzipped agar file hasil exportnya terkompresi. Setelah itu klik Go.Kemudian akan muncul dialog download file. Pilih Save File dan simpan file SQL tersebut ke folder Anda.
  6. Setelah proses dumping/export database ini selesai, langkah selanjutnya adalah upload database ke server hosting.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive