• Kamis, Maret 24, 2011
  • Administrator
Pernahkah kalian mempunyai teman yang sulit untuk berkomunikasi dengan kalian? Bingung untuk menyampaikan pertanyaan pada guru atau dosen? Fakta lain membuktikan bahwa sebagian besar waktu murid/mahasiswa dihabiskan di kelas untuk mendengarkan guru/dosen mengajar. Jadi, apa masalahnya? Ya, komunikasi. Mengapa mesti komunikasi?

Secara bahasa komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Selain itu komunikasi juga suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Sebenarnya ada 4 tujuan dari komunikasi:

  1. Untuk memberi informasi
  2. Untuk memberi permintaan
  3. Untuk mempengaruhi/meyakinkan
  4. Untuk membangun relationship

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung memulai dari mana untuk meyakinkan orang di rapat organisasi, rapat kerja, atau kelompok belajar. Padahal sangatlah penting bila kita bisa meyakinkan seseorang, terutama dalam dunia bisnis/kerja.

Banyak sekali dari kita yang masih belum menyadari seberapa penting nya komunikasi itu. Tak dapat dipungkiri bahwa di era modern seperti sekarang ini, dengan kecanggihan teknologi, membuat manusia menjadi lebih individualis, jarang bersosialisasi, lebih senang bekerja sendiri karena semuanya telah disediakan oleh perangkat teknologi yang semakin canggih.

Survei di sebuah perguruan tinggi membuktikan bahwa kebanyakan mahasiswa nya yang lolos test seleksi rekruitasi kerja adalah mereka yang rata-rata memiliki IP(Indeks Prestasi) pas-pasan, sedangkan mahasiswa yang memiliki IP tinggi banyak yang gagal. Kebanyaan dari mereka gagal di tahap communication skill. Kemungkinan ini dikarenakan mahasiswa dengan IP tinggi, lebih berorientasi pada nilai akademis, sehingga cenderung lebih senang untuk mengerjakan segala sesuatunya secara sendiri, dan jarang bersosialisasi atau berorganisasi. Beda dengan mahasiswa dengan nilai pas-pasan, yang mungkin lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bersosialisasi, berorganisasi, dsb.

Kemampuan Lulusan Perguruan Tinggi Yang Diharapkan Dunia Kerja (Skala 1 - 5) :


Diterbitlan oleh
National Accociation of College and Employers, USA, 2002
(Disurvei dari 457 pimpinan)
Dari data diatas membuktikan bahwa kemampuan komunikasi sangatlah penting dalam dunia kerja, yang diharapkan bisa membangun relationship dalam dunia bisnis. Jadi, communication skill sangatlah jauh lebih prioritas, tidak hanya sebatas kemampuan akademis.
jy

Related Posts:

  • Terkenal Gara-Gara YoutubePengen jadi selebriti? pengen terkenal? ato paling nggak pengen dikenal banyak orang?Sekarang bukan hal yang mustahil untuk kita mewujudkannya.Gak perlu punya wajah cakep,pintar akting,atau apalah.Intinya tuh kita mezti beran… Read More
  • Fenomena Sepeda Fixie di IndonesiaAkhir-akhir ini di Indonesia sedang booming-booming nya sepeda yang minimalis dan unik, yaitu sepeda Fixie. Sepeda ini biarpun minimalis dan unik, tapi tak meninggalkan kesan elegan bagi penggunanya. Sebagian besar pengguna s… Read More
  • Bandung Surga BelanjaSiapa yang tak tahu kota Bandung, kota yang pernah menjadi saksi perjuangan para pahlawan kita dalam mempertahankankemerdekaan dari penjajahan Belanda,yang terkenal dengan "Bandung Lautan Api".Kota ini pernah mendapat sebutan… Read More
  • 10 Kota Dengan Wanita Tercantik di IndonesiaBicara tentang wanita cantik memang gak ada bosan-bosannya. Kita boleh bangga donk, karena menurut aku sih Indonesia termasuk negara dengan populasi wanita yang cantik-cantik dibanding negara-negara tetangga di ASEAN. Hampir … Read More
  • Gaya Pacaran Anak Muda Jaman SekarangPacaran adalah proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan. Ada juga yang bilang bahwa pacaran adalah proses kita… Read More

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive