• Jumat, Juni 24, 2011
  • Administrator
Sedikit apatis dengan wordpress edisi bahasa Indonesia karena mungkin merasa tidak membutuhkan dan sudah terbiasa menggunakan wordpress edisi berbahasa Inggris, tapi tidak untuk saat ini.


Ada seorang client yang meminta kami untuk melakukan upgrade wordpress dari berbahasa Inggris ke wordpress berBahasa Indonesia, Nasionalisme kali ya… untuk cenderung menggunakan bahasa sendiri.

Akhirnya mendapatkan panduan dari sang master WordPress disini , namun sayang sekali language pack yang tersedia terarhir update bulan Juni 2007. WOW!! ternyata sudah lama juga ya.

karena tidak ingin dua kali kerja jadi langsung saja download dari sumber aslinya http://id.wordpress.org/

Setelah download – unpack – saya ambil hanya direktory /languages di /wp-content karena memang hanya itu yang dibutuhkan.

langkah-langkah upgrade :

Buatlah satu direktory /languages dibawah direktory /wp-content sehingga menjadi /wp-content/languages/ copykan id_ID.po , id_ID.mo, id_ID.php

edit file /wp-config.php dan temukan baris :

define ('WPLANG', '');

dan dirubah menjadi :

define ('WPLANG', 'id_ID');

Reload halaman Admin WordPress

Proses perubahan bahasa secara manual selesai, jika Anda menggunakan sistem upgrade otomatis pada sistem Administrasi WordPress maka umumnya langsung bisa upgrade melalui halaman tersebut dengan beberapa klik saja.

oh ya… jika butuh, Anda bisa download Bahasa Indonesia language pack disini WordPress Bahasa Indonesia Language Packnya aja. Update terakhir tanggal 31 Januari 2009

Download : http://pusathosting.com/uploads/id_ID.rar

Update 3 Pebruari 2009

akhirnya keluar juga di pemutakhiran otomatis sehingga kita bisa melakukan upgrade wordpress ke bahasa Indonesia dengan melakukan beberapa klik saja.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive