• Sabtu, Oktober 23, 2010
  • Administrator
Analisis system digunakan untuk menjawab pertanyaan WHAT ? sedangankan desain digunakan untuk menjawab pertanyaan HOW? Desain berkonsentrasi pada bagaiman system dibangun untuk memenuhi kebutuhan pada fase analisis.
- Membuat system yang baru
- Melakukan perbaikan system
- Pengembangan system
Alur / Bagan pengembangan system
Adanya system yang lama, pengembangan dilakukan berdasarkan adanya masalah, adanya keinginan untuk pengembangan yang lebih baik, instruksi pimpinan, kemudian permasalahan tersebut dilakukan pemecahan maslah yaitu mengatasi masalah, keinginan dapat dicapai, instruksi dapat diprose. Baru terbentuk system yang baru dengan berbagai pertimbangan, solusi yang ditawarkan menjawab masalah, system datap diterima dengan perkembangan TI dan system.
Pengembangan sistem
Pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk mengganti sistem yanglam secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti desebabkan karena beberapa hal (alsan pengembangan sistem)
Pembentukan atau pengembangan sistem dapat berupa :
Dari sistem diusulkan menjadi siten informasi, sistem informasi diusulkan membentuk sistem informasi manajemen, sistem informasi manajemen diusulkan menjadi bentuk sistem pendukung keputusan, sisten informasi berbasis web dan sistem informasi manajemen berbasis web.
Alasan pengembangan sistem
1. Adanya permasalahan permasalahan yang timbul padan sistem yang lama
- Ketidakberesan
• kecurangan kecurangan disengaja yang menyebabkan tidak amannya harta kekayaan perusahaan dan kebenaran dari data kurang terjamin
• kesalahan kesalahan yang tidak disengaja yang juga dapat menyebabkan kebenaran data kurang terjamin
• tidak efisiennya sperasi
• tidak diataatinya manajemen yang telah ditetapkan
- Pertumbuhan organisasi
Peertumbuhan organisasi diantaranya adalah kebutuhan informasi yang semakin luas, volume pengolahan data semakin meningkata maka menyebabkan sistem yang lama kurang efektif
2. Untuk meraih kesempatan – kesempatan
Dalam keadaan pasar bersaing, kecepatan informasi atau efesiensi waktu sangat menentukan behasiltidaknya strategi atau rencana – rencana yang telah disusun untuk meraih kesempatan yang ada. Kesempatan kesempatan dapat berupa peluang peluan gpasar, pelayanan yang meningkat kepada langganan.
3. Adanya Instruksi – instruksi
Adanya instruksi intsruksi dari pimpinan atau dari luar organisasi misalnya peraturan pemerintah dan perkembangan teknologi informasi serta aplikasi sisstem informasi yang dapat membantu proses operasional manajemen.
Dengan telah dikembangkannya sistem, maka diharapkan terjadinya peningkatan peningkatan disistem yang baru. Peningkatan dikenal dengan istilah PIECS (sistem popule)
1. Performance (kinerja)
Peningkatan terhadap kinerja (hasil kerja) sistem yang baru sehingga menjadi efektif, kinerja dapat diukur dari :
• TrourghPUt, yaitu julah dari pekerjaan yang dapat dilakukan suatu saat tertentu
• Respone Time, yatiu rata rata waktu yang tertunda diantara dua pekerjaan ditambah dengan waktu response untuk menanggapi pekerjaan tersebut
2. Informasi
Menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai, dimana aplikasi sistem informasi dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan kepanpun dibutuhkan user serta dapat menjawab kebutuhan user.
3. Economi ( ekonomis ), peningkatan terhadap manfaat manfaat atau keuntungan keuntungan atau penurunan biaya yang terjadi
4. Control (pengembangan), peningkatan terhadap pengendalian untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan kesalah atau kecurangan kecurangan yang akan terjadi
5. Efficiency (efesiensi), peningkatan terhadap efesiensi operasi yaitu bagaimana sumber data digunakan dengan pemborosan yang paling minimum
6. Service (pelayanan), pengingkatan terhadapap pelayanan yang dilakukan oleh sistem dapat melanyani user dengan cepat dan relevan
METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM
1. Metodologi
Adalah kesatuan metode metode, prosedur prosedur, konsep konsep pekerjaam, aturan aturan yanga akan digunakan, seni atau disiplin ilmu yang lainnya atau dengan kata lain metode adlah suatu cara teknik yang sistematis untuk mengerjakan sesuatu.
Alat analisis dan perancangan sistem
Tahap analis
MODEL  Konsep perancangan sistem
• Rancangan global
• Rancangan terinci
2. Metodologi pengembangan sistem, metode metode yang digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi.
3. Klarifikasi metodologi
• metodologi pemecahan fungsional
• Metodologi orientasi data
• Prescripte methodologi
 Metodologi pemecahan fungsional, metodologi ini menekan pada pemecahan dari sistem kedalam subsistem subsistem yang kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang dan diterapkan. Contoh HIPO ( Hirarki Plus Input Proses Outpu)
 Metodologi orientasi data, metodologi ini menekan pada karakteristik dari data yang akan diproses. Metodologi ini dapat dikelompokkan dalam dua kelas :
o Data Flow Oriented Methodologies, metodologi ini secara umum didasarkan pada pemecahan dari sistem kedalam model model berdasarkan tipe elemen data dan tingkah laku logika modul tesebut didalam sistem. Contoh SADT ( structured analisyst and design thencologies)
o Data structured orientasi metodologi, metodologi ini menekan struktur dari input dan output disistem. Struktur ini kemudian digunakan sebagai dasar struktur dari sistemnnya. Hubungan fingsi antar modul modul atau elemen elemen sistem kemudian dijelaskan dari struktur sistemnya. Contoh : JSD ( jakson sistem development)dan W/O ( warner / orr ).
 Prespective methodologies, menggambarkan permaslahan atau analisis dalam bentuk urutan logika dan prosedur atau konsep. Contoh : Kamus data, structured English / prosedured.
PRINSIP PENGEMBANGAN SISTEM
1. Sistem yang akan dikembangakn adalah untuk manajemen / user
2. sistem yang dikembangan adalah investasi modal yang besar
3. sistem yang dikembangakn memerlukan orang yang terdidik
4. tahapan kerja dan tugas yang harus dilakukan dalam tahap pengembangan sistem harus jelas dan sistematis
5. sistem pengembangan sistem tidaki harus urut (antara persiapan hardware, software, ataupun brainware boleh bersamaan)
6. jangan takut membatalkan proyek, jika tidak dapat menyelesaikan masalah
7. dokomentasi harus ada untuk pengembangan sistem
TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM
1. perencanaan sistem ( system planing)
2. analisis sistem (system analyst)
3. perancangan sistem ( design system )
4. seleksi sistem ( system choice)
5. perancangan sistem secara terinci ( design system detail)
6. implementasi dan pemilihan sistem ( system implementacion and maintanance)
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM MENURUT S.DAVIED
1. definisi masalah (problem definision)
2. studi kelayakan ( pressibility studi)
3. analis (analyst)
4. desain sistem (system design)
5. desain terinci (details design)
6. implementasi (implentation)
7. perawatan (maintance)
Atau secara umum siklus hidup pengembangan sistem terdiri dari :
1. perancangan sistem
2. analisis sistem
3. rancangan sistem general
4. evaluasi dan pemilihan sistem
5. rancangan sistem terinci
6. implemen tasi sistem
Kesimpulan, percancangan sistem :
1. perencanaan / identifikasi
2. analisis
3. perancangan / desain
4. implementasi
Tahap analisis
1. identity
2. understand
3. analisys
4. report
Tahap perancangan
- model global
- model terinci


BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive