http://beritaterkini.us/wp-content/uploads/2011/08/103839_tipssahur-300x239.jpgDIKUTIP.COM - Tips sahur yang sehat, simak kiat-kiat sehat sepanjang puasa dimulai dari asupan mengawali hari:
1. Pilih makanan yang dapat dicerna jangka panjang
Konsumsilah makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama dibandingkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna. Makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama atau sekitar 8 jam pencernaan, diantaranya adalah karbohidrat kompleks (gandum dan beras merah).
2. Hindari makanan yang cepat dicerna
Makanan yang cepat dicerna (3-4 jam) dan sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana.
3. Sayur dan nutrisinya
Perbanyak makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang cukup lama dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Disamping kaya nutrisi, serat pada sayur membantu proses pencernaan selama puasa.
4. Penuhi kebutuhan cairan
Tingkatkan asupan cairan dalam jumlah cukup (3-4 gelas air). Adalah mitos untuk memenuhi target 8 gelas sehari. Setiap tubuh manusia memiliki ambang kebutuhan cairan berbeda-beda. Takaran 3-4 gelas sehari pun bukan patokan resmi, setidaknya minimal menutupi kebutuhan standar tubuh.
5. Hindari kopi
jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi.
6. Rutin konsumsi buah-buahan
konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.
7. Hindari goreng-gorengan
hindari makanan yang digoreng (deep fried) karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan.
8. Makan yang cukup dan seimbang
konsumsilah makanan dan minuman dalam jumlah cukup dan seimbang.
9. Hindari makanan berbau menyengat
makanan yang berbau menyengat akan memengaruhi keadaan bau mulut (halitosis) anda sepanjang hari berpuasa. Hindarilah petai, jengkol, dan kawan-kawannya.
10. Sebaiknya hindari makanan pedas
hindari makan makanan yang asin dan terlalu merangsang lambung seperti terlalu pedas atau asam atau bergas seperti kol, lobak.
11. Jangan terlampau kenyang
jangan terlalu kenyang, agar kinerja organ pencernaan anda dapat lebih sehat untuk menjalani puasa selama 1 bulan.
12. Makanlah kurma
Nilai gizi utama kurma terletak di dalam kandungan gulanya yang terdiri atas glukosa dan fruktosa antara 60-70% (tergantung varietas). Selain gula, kurma juga mengandung air (20%), protein (2-3%), serat (8,5%) dan sedikit sekali kandungan lemak jenuh. Selain itu, kurma juga dilengkapi oleh vitamin A, B1, B6, C serta berbagai jenis mineral dan asam organik.
Semoga informasi ini berguna bagi saudara-saudara yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 GO

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive