• Jumat, April 01, 2011
  • Administrator
  • ,
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidcFpQ1Bp3QXRmAKZE8OoQGsNqteRAzf6lctUSjhl3ByZ8YoRr3Hh4sdOHJejZiwjlqphcfBT_7rIkFiGFsFCZvqu5UO9t_96Yb8ECJygC1q6mM_fsZ4g_iaQ6KjIc7OnXqoAU1aR4qfU/s1600/sms.jpgDIKUTIP.COM - Mungkin pembaca dikutip.com pernah mendapat sms yang mengatas namakan Agen Pulsa Seperti ini, Pagi itu, 18 Januari 2011, pukul 10:44:06, sebuah sms dari nomor yang tak dikenal masuk. Getaran hp dan isi sms sekejap menyita perhatian saja. Kira-kira begini tulisannya, “TELECOMINDO. Cari Agen PULSA m.KIOS/All operator. V.=4500, V.10=8500, V.20=18.500, V.50=45.500 (harga flat untuk semua operator). INGIN GABUNG: ketik SRR*NAMA*KOTA# Kirim sms ke 085213315678″ (No Pengirim: 085238781077).

Karena penasaran, saya coba balas dengan mengetik sesuai yang dianjurkan dan mengirimkannya ke no hp yang tertera di sms. Tanpa menunggu lama, sekitar 2 menit berselang, sms balasan masuk,”Selamat Nomor Anda Telah Terdaftar Dengan KODE AGEN: SR770045 PIN: 1234. KET/Hub: 021-40256546 (085215809809) atau INFO Via SMS Ketik: ADMIN Kirim ke 085213311234“.
Di sini saya masih penasaran, apa benar atau hanya penipuan. Karena kalau kita tidak jeli, keliatannya sangat terorganisir dan rapi. Walaupun sebenarnya ada sedikit kecurigaan karena no kontak hp yang disebutkan berubah-ubah. 

Sejurus kemudian saya coba mengetik Admin dan mengirimkan ke no hp 085213311234. Beberapa detik kemudian, sms balasan muncul, “U/ info harga ketik: HARGA, u/kode produk ketik: PRODUK, u/ format TRX isi pulsa ketik: FORMAT, u/ DEPOSIT ketik: BANK, u/ alamat ketik: KANTOR kirim ke: 085213311234“.

Untuk mengecek lebih lanjut, saya coba mengetik: KANTOR di kesokan harinya sekitar pukul 6:39 pagi. Kecurigaan ini hanya aksi penipuan mulai menebal saat balasan yang dinanti tak kunjung datang. Baru 3 jam kemudian sms balasan masuk, “Kantor Pusat PT TELECOMINDO: PLAZA SEMANGGI Lt. 2 No. 32 Blok B 144-145 Jl. J. Sudirman Kav. 50 JAK-SEL. Telp: 021-40256546, 085215809809“.

Karena kebetulan di tempat penelitian ada akses internet, saya coba mengecek kebenaran nama PT TELECOMINDO tersebut beserta alamat yang tercantum. Ternyata saya tidak menemukan nama perusahaan tersebut di internet (padahal kalau yang namanya Perseroan Terbatas, harusnya secara profesional sudah memiliki alamat website untuk memudahkan berkomunikasi dengan pelanggan). Saya justru menemukan, alamat yang sama digunakan beberapa perusahaan yang memiliki motif serupa mengatasnamakan AGEN PULSA, seperti PT Sentral Cell atau PT Central Cell. Setelah saya telusuri lebih jauh, beberapa komentar di komunitas maya justru ikut mencurigai aksi penipuan bermotif AGEN PULSA ini.
Sebagai informasi ke teman-teman blogger sekalian, orang yang mengaku AGEN PULSA ini juga mencantumkan nama bank yang mereka pakai:
Bank BNI
a/n. NANI HARDIAH
No. Rekening: 02094226294
Melihat data-data yang ada yang berhasil saya kumpulkan, saya berkeyakinan, sms ini hanya salah satu bentuk penipuan yang sudah direncanakan matang dan terorganisir. Oleh karena itu saya tidak mau berlama-lama lagi, langsung mengetik SMS PENGADUAN PENIPUAN yang disediakan 
TELKOMSEL dengan cara:
Ketik: PENIPUAN#NO HANDPHONE PENIPU#CONTENT (ISI SMS PENIPUAN), lalu dikirim ke : 1166.

Beberapa detik kemudian, balasan muncul dari No. 1166, “Pelanggan Yth, terima kasih atas laporan SMS PENIPUAN yang anda sampaikan“.

Meski saya tidak tahu, langkah apa yang akan dilakukan operator telkomsel terhadap penipu tersebut, setidaknya saya bersyukur karena selamat dari upaya penipuan dan bisa membagi cerita ke rekan-rekan sekalian. Dan saya berharap, rekan-rekan juga bisa ikut membagi cerita ini ke rekan-rekan lainnya yang mungkin tidak memiliki fasilitas internet sehingga bisa saja mudah diperdaya oleh para penipu.

Teman-teman pembaca dikutip.com, jangan mudah terperdaya dengan beberapa penawaran begitu saja, karena sudah berbagai macam modus yang penipuan saat ini, dikutip.com sangat peduli dengan pembaca setianya, Untuk terus mendapat info terbaru silahkan bergabung disini

 GO

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive