• Selasa, April 26, 2011
  • Administrator

Apa sih Cpanel itu? Bagi yang awam soal membuat website, pasti bingung saat pertama kali ingin belajar membuat website sendiri. Cpanel adalah serangkaian menu pada hosting yang digunakan untuk mengatur segala aktivitas utama pembuatan website.


Fungsi Cpanel antara lain untuk meng-upload file-file website Anda, mengaturnya (edit, delete, dll), mengatur email accounts, cek pengunjung website, mengatur domain-domain yang terhubung dengan hosting Anda, cek error, dan lain sebagainya. Pada intinya, Cpanel ini adalah suatu halaman website “pribadi” yang digunakan untuk mengatur segalanya, berkenaan dengan website Anda yang sesungguhnya.


Cpanel bersifat pribadi, yaitu hanya Anda yang mengetahui Cpanel Anda sendiri. Apabila Anda bekerja sebagai tim dalam pembuatan website, berarti yang tahu adalah orang-orang dalam tim tersebut. Namun apabila Anda bekerja sendiri seperti saya, jangan sekali-sekali memberikan password Cpanel Anda kepada orang lain. :p

Bagaimana mengakses Cpanel?

Cpanel dapat Anda akses melalui alamat domain Anda dan diberi akhiran :2082 atau memberi akhiran /cpanel pada domain Anda. Misalnya domain anda “indonesia.com”, maka alamat Cpanel Anda adalah indonesia.com:2082 atau indonesia.com/cpanel.
Setelah mengetikkan alamat URL tersebut pada browser Anda, maka Anda diwajibkan mengisi username dan password yang tela diberikan oleh penyedia hosting Anda sebelumnya.

Mengenal tombol menu pada Cpanel

Berikut adalah screenshot dari Cpanel versi terbaru:
halaman Cpanel
halaman Cpanel
contoh menu Cpanel  

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive