Monitor merupakan salah satu output device / peranti keluaran (atau bahasa Jermannya pakakas ngaluarkeun) , yaitu peranti yang bertugas menampilkan pengolahan, hasil pemasukan data maupun perintah pada komputer. Berdasarkan teknologi pembuatannya, pada saat ini terdapat dua jenis monitor, yaitu CRT dan layar datar (EL, LCD dan plasma), yang keunggulan dan kelemahannya sudah saya tuliskan DISINI.
Kualitas suatu monitor biasanya ditentukan oleh ukuran layar dan resolusinya. Ukuran layar biasanya ditentukan dengan satuan inchi ataupun dengan menggunakan tanda kutip (“). Biasanya orang Indonesia sering menyebutnya “in” saja. Terdapat banyak standar dari ukuran monitor ini, ada 14”, 15”, 17”, 21” inchi dan lain-lain. Kita mungkin lebih familiar dengan sebutan inchi ini ketika akan membeli televisi baru :) .
Kembali kepada jalan yang lurus dan benar, eh topik yang semula yaitu resolusi monitor. Resolusi biasanya ditentukan oleh piksel (picture element). Bagi anda yang senang dengan desain grafis pasti sudah sangat familiar dengan istilah piksel ini. Piksel adalah suatu titik terkecil dari suatu grafis. Titik-titik ini akan terlihat ketika kita memperbesar suatu gambar dengan kelipatan beberapa kali lipat. Jadi, jika monitor memiliki jumlah piksel 800X600 piksel, maka monitor tersebut memiliki 800 baris dan 600 kolom piksel.
Ada berbagai standar resolusi untuk monitor yang umum digunakan :
  1. CGA (Color Graphic Adapter), memiliki resolusi 320×200 piksel. Pertama kali muncul tahun 1981.
  2. EGA (Enhance Graphic Adapter) , memiliki resolusi 640×350 piksel. Muncul pada tahun 1984
  3. VGA (Video Graphic Adapter), Muncul tahun 1987.
  4. SVGA (Super Video Graphic Array), memiliki resolusi 800×600 piksel.
  5. XGA (Extended Graphic Array), memiliki resolusi 1024×768.
  6. SXGA (Super Extended Graphic Array), memiliki resolusi 1280×1024 piksel.
  7. UXGA (Ultra Extended Graphic Array), memiliki resolusi 1600×1200 piksel. Biasanya terdapat di monitor dengan ukuran 21”.
Selain daftar diatas mungkin masih ada jenis resolusi monitor lain. Untuk mengetahui berapa resolusi pada monitor anda, bisa menggunakan fasilitas run (pada Windows) dan mengetikan dxdiag.