• Sabtu, Oktober 09, 2010
  • Administrator
Tampilan Related Post (artikel terkait) dalam sebuah blog akan membantu meningkatkan jumlah halaman yang dikunjungi. Jika pengunjung selesai membaca sebuah halaman, ia akan digiring untuk melihat halaman lain yang terkait.
Ada banyak plugin WordPress untuk menampilkan related post. Tapi kebanyakan menggunakan tags sebagai kriteria relevansi untuk mencari artikel yang sama sehingga kadang-kadang tidak nyambung dengan artikel sebelumnya. Namun, ada satu plugin (yang aku tahu) yang akan menampilkan artikel terkait (related post) berdasarkan kategori sehingga lebih spesifik. Inilah plugin <strong>Related Post by Category</strong>.
Anda dapat memperoleh plugin Related Post by Category di sini atau langsung ke web pemiliknya di sini sekaligus untuk mempelajarinya lebih lanjut.
Setelah anda download, unpack dan upload ke folder plugin anda, dan aktifkan melalui dashboard. Selanjutnya buka single.php dan tambahkan kode berikut untuk memanggil fungsi plugin ini :
<?php
related_posts_by_category(
array(
'orderby' => 'post_date',
'order' => 'DESC',
'limit' => 5,
'echo' => true,
'before' => '<li>',
'inside' => '&raquo; ',
'outside' => '',
'after' => '</li>',
'rel' => 'nofollow',
'type' => 'post',
'message' => 'no matches'
)
);
?>

Penjelasan secara detil dari parameter-parameter di atas adalah sebagai berikut:
orderby
Parameter orderby terdiri dari nama kolom, yang mana data yang ditampilkan diurutkan. Dalam tabel deskripsi, ia ditentukan, kolom mana yang dapat diterapkan. Nilai “RAND” bertanggung jawab terhadap tampilan yang digeneralisir secara acak.
order
Nilai ASC untuk mengurut ke atas dan DESC untuk mengurut ke bawah mempengaruhi arah pengurutan, namun hanya dalam hubungannya dengan orderby.
limit
Jumlah artikel yang ingin ditampilkan.
echo
TRUE memperlihatkan hasil dalam source kode HTML.
before, inside, outside, after
Tag-tag xHTML atau karakter-karakter yang dimasukkan sebelum, di dalam, atau sesudah link yang dihasilkan.
Format: %before<a>%inside Link %outside</a>%after
rel
Nilai yang diujukan untuk fungsi, digunakan dalam REL-ancor teks, dalam rangka melabeli link sebagai nofollow atau arsip.
type
merupakan nilai kosong, juga sub-halaman (halaman statis) dapat dipertimbangkan. post sebagai parameter hanya menampilkan post, namun halaman akan menampilkan halaman saja sebagai outputnya.
message
Teks standar sebagai output, jika tidak ada hasil sesuai yang ditemuka.
Contoh penerapan dan hasilnya dapat dilihat pada tampilan berikut :






BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive