• Jumat, Oktober 08, 2010
  • Administrator
Cara membuat database di komputer lokal berikut adalah lanjutan dari tulisan Cara Install dan Membuat Server Di Komputer Lokal yang berguna bila kita ingin melakukan instalasi software atau aplikasi di server lokal yang telah kita buat. Aplikasi yang dimaksud adalah software program yang membutuhkan database untuk menjalankannya seperti blog wordpress, forum, dll.
Cara membuat database wordpress di XAMPP server lokal adalah dengan menggunakan aplikasi phpMyAdmin yang sudah terintegrasi dengan software XAMPP. Tipe database yang dibuat adalah MySQL database yang sesuai dengan kebutuhan database wordpress.
  1. Buka aplikasi “XAMPP Control Panelmelalui menu programStart > All Programs > Apache Friends > XAMPP > XAMPP Control Panel” atau klik filexampp-control.exe” di folder instalasi XAMPP.
  2. Buka aplikasi server XAMPP
    Buka aplikasi server XAMPP
  3. Klik “start” satu per satu yang ada di samping “Apache” dan “MySQL“. Sehingga terlihat tulisan “running“.


  4. Klik Start pada Apache dan My SQL
    Klik Start pada Apache dan My SQL
  5. Pada setiap tombol “start” yang diklik, bila muncul peringatan dari windows firewall klik “Unblock” untuk mengijinkan aplikasi software ini berjalan.


  6. Buka Aplikasi phpMyAdmin melalui browser komputer kita dengan alamat: http://localhost/phpmyadmin/


  7. Cara Buat Database Di Server Lokal 2
    Buka http://localhost/phpmyadmin di browser
  8. Buat database baru dengan mengetikkan nama database dan klik “Create“. Misalnya “wp_database“. Pilih tipe database “collation” dan tipe koneksi “utf8_general_ci


  9. Masukkan nama database, tipe database, dan tipe koneksi
    Masukkan nama database, tipe database, dan tipe koneksi
  10. Klik “Privilages” untuk mengatur admin dan user. Lalu klik “Add a New User” untuk menambahkan admin dan user.


  11. Masukkan nama user di kolom “User name“. Misalnya “bloggerpemula“. Pilih “Local” untuk jenis host. Masukkan password pada kolom “password” dan “re-type password” atau klik “Generate Password” untuk mendapatkan password yang lebih aman.


  12. Masukkan username, tipe host, dan password
    Masukkan username, tipe host, dan password
  13. Pada bagian “Global_Privileges” cek semua privileges (hak dan wewenang) untuk user “bloggerpemula” dengan klik “Check All“. Untuk server sungguhan sebaiknya batasi privileges ini.


  14. Atur privilege user yang ditambahkan
    Atur privilege user yang ditambahkan
  15. Klik “Go” dan user  “bloggerpemula” akan ditambahkan sebagai salah satu user.


  16. user bloggerpemula sudah dibuat
    user bloggerpemula sudah dibuat
  17. Tambahkan “bloggerpemula” sebagai user pada database yang telah dibuat sebelumnya (yaitu: wp_database), dengan memilih “wp_database” pada bagian “Database-specific-Privileges” >> “Add privileges on the following database“.


  18. Cek apakah user “bloggerpemula” sudah ditambahkan ke database “wp_database” dengan klik “wp_database” pada bagian sebelah kiri halaman.


  19. Klik “Privilege” untuk melihat siapa saja yang terdaftar dan memiliki akses di “wp_database” tersebut. Seharusnya ada user “bloggerpemula” jika langkah membuat database diatas dilakukan dengan benar.


  20. Konfirmasi user dan database telah dibuat
    Konfirmasi user dan database telah dibuat
Langkah membuat database blog wordpress di server lokal sudah selesai, dan selanjutnya kita bisa membuat dan melakukan instalasi wordpress di komputer lokal kita.


BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive