BIOS yang merupakan kepanjangan dari basic input output system adalah sebuah chip yang tersimpan dalam EPROM (Erasable Progammable ROM) atau EEPROM (Electrical Erasable PROM) yang dapat digunakan untuk mengontrol hardware yang terpasang dalam sebuah komputer. Pada saat booting bios akan mengenali semua komponen dan memastikan bahwa komponen yang terpasang bekerja dengan normal dan dalam kondisi baik.

 

KEGUNAAN BIOS
Diatas sudah dijelaskan bahwa salah satu kegunaan bios adalah untuk mengontrol hardware yang terpasang . selain itu kegunaan BIOS  seperti di bawah ini :
1.      Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap hardware dalam proses POST (Power On Self  Test)
2.      Memuat dan menjalankan System Operasi.
3.      Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer).
4.      Membantu System Operasi dan dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras (hardware) dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

KOMPONEN BIOS
Dalam BIOS terdapat komponen-komponen sebagai berikut :
a.       Progam BIOS setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kofigurasi computer (tipe hardisk. Disk drive, manajemen daya listrik, kinerja, komputer Dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan hardware yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
b.      Driver untuk hardware dasar, seperti vidio adapter, perangkat input, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk system operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
c.       Program bootstraper utama yang memungkinkan computer dapat melakukan proses booting kedalam system operasi yang terpasang.

SETTING BIOS
Sebenarnya setting bios digunakan untuk mendapatkan sistem dengan kecepatan tinggi. Jika kita dapat menyetting bios dengan menghasilkan system yang cepat tapi tidak ada kestabilan maka percuma saja. Tentu kita ingin menyetting bios dengan menghasilkan system yang stabil dan cepat. Oleh karena itu kita harus mengenali fungsi dari masing-masing bagian bios.
Cara untuk mengoptimalkan settingan bios :
a.       Untuk mendapatkan settingan bios yang baik biasanya menggunakn pilihan auto adalah pilihan yang tepat. Karena kebanyakan produsen motherboard , menyesuaikan setting CPU frequency sesuai dengan beban kerja PC. Beberapa juga menyediakan preset profile dengan beberapa tingkatan. Selama tidak ada masalah kestabilan, hal ini dapat terus dilakukan.
b.      Quick Power On Self Test pilihlah enable. Proses ini adalah pemeriksaan komponen-komponen PC. Jika kita pilih disable maka proses akan dilakukan lebih lama.
c.       Boot Virus Detection pilihlah disable. Fungsi ini tidak banyak gunanya, karena tidak mempunyai perlindungan terhadap serangan virus.
d.      Internal dan Eksternal Chace pilihlah enable . chace internal dan external berfungsi sebagai buffer data cepat antara CPU dan RAM.
e.       Port ide yang tidak terpakai pilihlah disable.
f.        AGP Aperture size digunakan untuk menentukan jumlah RAM yang dialokasikan untuk AGP. Pilihlah setengah dari jumlah RAM yang anda miliki.
g.       AGP Fast write pilihlah enable. Fungsi ini akan mempercepat pengoperasian software yang menggunakan game 3D.
h.       Boot  sequencedigunakan untuk menentukan urutan proses booting yang akan dilakukan. Agar cepat pilihlah booting dari harddisk.
i.         Boot up Floppy drive sekarang sudah jarang digunakan. Hal ini juga dapat mempercepat proses booting.
j.        CPU speed dihasilkan dari perkalian antara clock multiplier.


TIPS
1)      Untuk dapat settingan tepat kita harus berani mencoba dan jangan takut salah (trial and eror)
2)      Utamakan kestabilan dari pada kecepatan karena jika stabil anda akan nyaman bekerja.
3)      Jika kesalahan setting tidak terlalu fatal dan tidak menyebabkan kerusakan secara fisik untuk mengembalikan setting bios kesemula hanya cukup melepas baterai CMOS dan memasang kembali. Tapi kebanyakan motherboard sekarang sudah menyertakan jumper untuk mereset bios.
4)      Baca buku panduan agar setiap fungsi dapat bekerja dengan optimal.
 Source : buku tugas pdtkj smkpgri1ngawi

BIOGRAFI PENULIS
Nama : Ita Miftakhul Jannah
Tempat dan tgl lahir : Ngawi, 29 Juni 1995
Alamat : Paron_Ngawi
Informasi dan Kontak : iithaa_rezpector@ymail.com
Tentang Penulis :
Meskipun sifatku tidak sempurna,
tetapi aku akan berusaha menjadi orang yang baik dan bisa membahagiakan orang tua dan orang-orang yang ada disekitarku. Suka baca novel, komik.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive