Prestashop versi baru sudah keluar. Hari ini ingin upgrade prestashop ke versi yang lebih tinggi, tapi binggung  caranya. Untung ada tutorialnya.

Untuk detail cara upgrade memang sudah dijelaskan dengan detail di-wikinya. Tapi berikut proses yang saya gunakan untuk upgrade Prestashop ke versi yang lebih baru di hosting yang menggunakan CPanel.

Catatan : Prestashop sudah diinstall di root folder (public_html)

1. Backup terlebih dahulu database yang digunakan.

2. Jika Anda menggunakan bahasa selain bahasa Inggris, backup terlebih dahulu translationnya (dari menu Tools | Translations | Export a language).

3. Download Prestashop versi terbaru.

4. Extract filenya, kemudian compress lagi (dengan nama file, misalnya update.zip) tapi tanpa root folder (kalo urang jelas lihat perbandingan dibawah)


5. Buat folder baru diserver, misalnya backup.

6. Login ke CPanel, pilih File Manager :

7. Pindahkan/move semua folder dan file prestashop ke folder backup.

8. Upload file update.zip tadi ke root dan extract.

9. Jika Anda sudah memodifikasi Modul yang ada, copy module tersebut dari folder backup ke root, demikian juga dengan folder img, mails dan theme (jika menggunakan custom theme).

10. Copy file settings.inc.php dari folder backupconfig ke public_htmlconfig.


9. Buka http://domainanda.com/install dan ikuti petunjuknya (prosesnya lebih kurang sama dengan instalasi Prestashop pertama kali).

10. Jika proses instalasi berjalan lancar dan Anda berhasil login ke back office, perhatikan bagian footernya karena disana terdapat informasi versi Prestashop yang sedang digunakan. Jangan lupa untuk me-restore kembali translation diatas (jika menggunakan bahasa selain Inggris).

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive