Biasanya kalo kita punya VPS dengan OS linux, rata-rata menggunakan Kloxo sebagai kontrol panel untuk hostingnya. Kloxo adalah kontrol panel ringan. Kloxo memiliki semua fitur yang disertakan dalam semua panel kontrol terkemuka seperti mail, spam filter, PHP, CGI, Perl, suexec, FTP, MySQL dan banyak lagi.


Kloxo

Install Kloxo.
Pastikan Kloxo atau control panel hosting pada VPS anda sudah terinstall, Jika belum ? ya mau tak mau anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Ada dua cara dalam menginstall kloxo, melalui HyperVM langsung atau bisa juga melalui command shell.

Lewati bagian instalasi kloxo jika sudah terinstall !!

  1. Install langsung melalui HyperVM, tinggal login ke HyperVM VPS anda lalu pilih menu “Install Kloxo” dan ikuti langkah selanjutnya. Jangan tanya-tanya selanjutnya bagaimana, karena dengan instalasi melalui HyperVM sudah di persiapkan sedemikian rupa sehingga anda tinggal melakukan klik dan kilk.

    Masih bingung juga? Stop berhenti dulu, buat secangkir kopi dan menyingkir dari depan layar PC anda.

    Setelah kopi anda habis coba pelajari dan teliti lagi dengan seksama apa yang dimaksud dalam petunjuk instalasinya

  2. Install melalui command shell dengan SSH, login ke VPS dengan SSH menggunakan user root VPS nya. lalu ketikkan command berikut :
  3. # wget http://download.lxlabs.com/download/kloxo/production/kloxo-install-master.sh # sh ./kloxo-install-master.sh
Login ke Kloxo.
Ya yang pasti kalo mau ngutak-utek kloxo harus login ke kloxo nya dulu, caranya ?
  1. Langsung akses menu “Kloxo” dari HyperVM  (yang ini sih gak usah login)
  2. http://192.168.0.1:7778 atau https: / / 192.168.0.1:7777 – Mengakses Kloxo dengan IP  VPSnya. (Ganti 192.168.0.1 dengan alamat IP VPS anda)
  3. http://yourdomain:7778 – Akses Kloxo melalui host domain dengan menempatkan: 7778 pada akhir domain. (Non-SSL) Koneksi http biasa tanpa SSL
  4. https: / / yourdomain: 7777 – Anda dapat mengakses kloxo secara aman menggunakan SSL melalui host domain dengan menempatkan: 7777 pada akhir domain.
Kalau bener di browser akan muncul form login untuk login ke kloxo anda,


Form Login Kloxo
nah kalo default sih harusnya username dan passwordnya admin, tapi kalo lupa password admin nya coba aja di reset manual password admin kloxonya.
setelah berhasil masuk ke halaman admin kloxo sebaiknya langsung dirubah password yang defaultnya ke password yang anda inginkan, ya untuk menghindari hal-hal yang tidak  diinginkan. Masukkan password lama atau default, lalu isikan password baru dan ulangi sekali lagi lalu klik “Update”


Rubah password default
Kalo udah beres, pasti bapak balik ke halama utama, dan tinggal klik “home” admin kloxonya.
POP-Up notifikasi
Kloxo bakal kasih kabar atau berita atau announce kalo ada apa-apa dengan sebuah pop-up messege flamboyan berwarna merah muda. Kalo mau di benerin yang di benerin kalo gak mau di benerin ya udah cuekin aja, atau klik Close


pop-up
Navigasi di Kloxo
Ada 2 jenis navigasi di kloxo , yang pertama adalah “Tree view”  di sebelah kiri.


Navigasi Kloxo
klik tanda “+” untuk membuka pilihan lainnya di dalam menu-menu kloxo.
Yang kedua, ada di tengah-tengah browser yaitu menu Tab


Menu tab
Ketiga masih ada navigasi yang lain yaitu “breadcrumbs”


Breadcrumbs kloxo
Program Default Kloxo
secara default kloxo menggunakan program-program seperti :
  • web server – lighthttpd
  • Filter spam – Bogofilter
  • DNS – DJBDNS
Program default ini dapat dirubah melalui menu “Switch Program” di server : pada layar awal. Program yang sering digunakan adalah apache sebagai web server, dan spam assassins sebagai spam filter. Walaupun bisa di rubah-rubah, tetapi sebelum anda menambahkan domain dan mengisi hosting VPS anda dengan website anda, pastikan dahulu program-program apa  yang akan anda jalankan ,dan sesuaikan dengan kemampuan anda !!!

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive