• Selasa, Maret 01, 2011
  • Administrator


Bagi sebagian orang, musim hujan bisa saja merugikan karena bisa menyebabkan banjir. Namun tidak demikian halnya bagi pembudidaya kepiting yang menggunakan media keramba di wilayah Kecamatan Kraksaan Probolinggo Jawa Timur. Musim hujan justru sangat menguntungkan karena omset penghasilan dari usahanya meningkat tajam.

Ahmad Fadol (30 tahun) misalnya, warga Kebon Agung merasa mendapat berkah tersendiri pada musim hujan tiba seperti saat ini. Betapa tidak, usaha budidaya kepiting miliknya meningkat tajam, hingga 50 persen dalam sebulan.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2009 dengan modal awal hanya 600 Ribu Rupiah, di musim hujan ini bisa berlipat ganda hingga puluhan Juta Rupiah. Sebab, pada musim hujan intensitas panas matahari menjadi berkurang yang menyebabkan kepiting berkembang dengan baik. Di samping itu, Risiko beternak kepiting juga relatif kecil. Kepiting jarang terkena penyakit dan jika banjir datang kepiting tidak akan hanyut karena terlindung dalam keramba.

Sedangkan Bila musim kemarau, Fadol hanya bisa memanen kepiting setiap 1 bulan saja, kini hanya membutuhkan waktu 15 hari untuk memanen, terutama kepiting yang berkualitas baik.

Masing-masing Satu dari 10 kerambah kepiting milik fadol, bisa menghasilkan sekitar 1 Kwintal kepiting siap panen. Sementara harga jual kepiting antara 150 hingga 175 Ribu Rupiah perkilogramnya. Jadi dengan 10 keramba dipastikan bisa menghasilkan uang 150 Juta Rupiah setiap kali panen.

Dengan di potong biaya operasional dan biaya karyawan sebesar 40 persen, setiap sekali panen, Fadol bisa meraup keuntungan bersih sekitar 100 Juta Rupiah dan dalam sebulan bisa mencapai 200 Juta Rupiah.

Proses budidaya kepiting jenis Jawa ini tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan istimewa. Bibit kepiting mula-mula di masukan kerambah, kemudian di beri pakan ikan teri. Dalam waktu 15 hari, kepiting siap di panen dan di pasarkan dalam keadaan hidup.

Kepiting hasil budidaya ini biasanya di pasarkan ke sejumlah Negara Asia, seperti Jepang, Korea dan Thailand.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive