• Selasa, Mei 01, 2012
  • Administrator
DIKUTIP.COM - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, baik kesehatan jasmani maupun rohani atau jiwa. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan keseimbangan antara kesehatan jasmani dan rohani. Untuk kesehatan rohani atau jiwa, ada beberapa kiat yang bisa membantu untuk mendapatkannya. Berikut tips agar jiwa selalu sehat, dikutip dari pelbagai sumber:

Berolah Raga
Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah dan mengobati depresi daripada obat-obatan. Dengan olah raga, tubuh menjadi sehat dan pikiran pun menjadi fresh. Anda bisa memulai hari-hari Anda dengan menyenangkan.

Ekspresikan Cinta 
Memberi dan mendapatkan cinta kasih membuat hidup kita bahagia. Mencurahkan cinta kasih kepada keluarga, kerabat, dan orang lain adalah kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup kita lebih bermakna dan kehadiran kita diharapkan.

Kurangi Menonton Televisi
Menonton televisi, film atau bermain game berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga, dan game dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respons emosi kita. Setelah melihat begitu banyak kekerasan, kita bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Bagi orang yang sensitif atau pernah mengalami semacam trauma dalam hidupnya, mengurangi waktu dan intensitas menonton tayangan yang memicu emosinya akan membantu menjaga keseimbangan jiwa.

Fokuslah pada Hal-hal Positif
Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi. Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan kita bisa lebih selektif. Cobalah menghindari tayangan kekerasan atau sensasional, pilihlah hanya program-program televisi dan film yang positif.

Cobalah Mendengarkan Musik yang Lembut
Banyak musik hingar bingar yang justru dapat mengakibatkan kelebihan beban mental. Banyak pula jenis musik yang dapat mendatangkan perasaan tertekan atau hampa. Musik yang lembut dan merdu dapat menyeimbangkan proses kimiawi di otak kita.

Beribadah
Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.

Rekreasi di Luar Rumah
Cobalah untuk menjauhi rutinitas dengan menghabiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin dan menenangkan pikiran kita, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.

Hindari Mengisolasi Diri
Menjadi bagian dari komunitas yang saling memberikan dukungan dan bertemu secara teratur dapat sangat membantu kita melewati krisis dan tetap positif. Menghindarkan diri dari sosialisasi dengan orang lain akan membuat jiwa kita tidak berkembang dan merasa terkungkung. Akibatnya, akan timbul kejenuhan pikiran yang mempengaruhi jiwa seseorang.

 GO

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive