• Minggu, April 29, 2012
  • Administrator
Tokobagus ikut innacraft
DIKUTIP.COM - Tingginya animo pelaku bisnis usaha kecil menengah (UKM) di dunia maya menjadi perhatian khusus dari situs jual beli Tokobagus.com. Situs e-commerce ini bahkan telah meraup 30% pasar komunitas UKM dari total jutaan member aktifnya.

Melihat tren ini, Tokobagus.com pun semakin aktif menggiatkan edukasi kepada komunitas UKM seperti yang terlihat di ajang Innacraft 2012, di Jakarta Convention Centre.

"Kami melihat cukup banyak kalangan UKM yang memanfaatkan internet. Mereka menjajaki dunia maya dalam bertransaksi, selain berjualan secara langsung," kata Arnold Sebastian Egg, founder dan pimpinan Tokobagus.com di sela ajang Innacraft 2012, Minggu (29/4/2012).

Dalam event pameran kerajinan terbesar yang didukung Tokobagus.com tersebut, Arnold Sebastian menjelaskan saat ini anggota situs jual beli online dari kalangan UKM mencapai lebih dari 30% dari total 2,5 juta anggota aktif.

Pimpinan Tokobagus.com yang lain, Remco Lupker menambahkan, sejalan dengan langkah menyasar UKM untuk semakin meningkatkan pengembangan bisnisnya secara online, Tokobagus juga banyak melakukan sosialisasi tentang e-commerce.

"Misalnya bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti Kementerian Perdagangan baik di tingkat pusat maupun daerah dan juga menggandeng komunitas-komunitas UKM yang ada di Indonesia," kata dia.

Meski demikian, ia mengakui, belum banyak masyarakat yang menyadari kelebihan transaksi online, salah satunya disebabkan belum melek internet, atau sering mengakses internet tetapi belum tahu manfaatnya secara luas.

"Kalangan pengusaha UKM, seringkali hanya menggunakan internet sebagai sarana berinteraksi sosial lewat situs jejaring sosial. Belum banyak yang mencoba untuk berbisnis atau bertransaksi jual beli barang atau jasa," katanya.

Karena itu, ia menjelaskan kegiatan Tokobagus.com di ajang Innacraft ini dimaksudkan pula sebagai sarana sosialisasi kepada kalangan pengusaha UKM tentang manfaat internet dalam hal e-commerce. Upaya ini berbuah positif. Sebab, Remko mencatat ada ribuan iklan baru dari basis UKM tiap harinya masuk dan antre menjadi member Tokobagus.com.

"Data UKM yang menjadi member kami didominasi oleh pengusaha-pengusaha dari industri fashion, khususnya fashion wanita mulai dari aksesoris, busana, sepatu hingga perhiasan dengan jumlah mencapai lebih dari 200 ribu listing iklan," ungkapnya. Salah seorang member Tokobagus.com dari kalangan UKM, Iqbal Nalendra, mengakui bahwa sejak memasang iklan di Tokobagus.com respon pembeli yang didapatnya jauh lebih cepat.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive