Anak Israel


JERUSALEM, KOMPAS.com -- Sebentar lagi bakal tak ada model berbadan kurus dalam iklan-iklan di Israel. Larangan ini sebagai langkah mencegah kian berkembangnya pola makan yang tak semestinya yang membuat badan kurus. Negara Yahudi ini mengatur larangan ini dalam undang-undang (UU) yang disetujui pada Senin (19/3/2012) malam.

Kantor berita AP, Selasa (20/3/2012) melaporkan, dalam UU itu juga diharuskan adanya publikasi, guna mengungkapkan bahwa mereka menggunakan gambar dari model iklan yang memberi kesan bahwa model pria ataupun perempuan dalam iklan itu terlihat lebih kurus dibanding keadaan tubuh mereka yang sebenarnya.

Larangan ini sebagai upaya pertama pemerintah Israel menggunakan legislasi mengatur industri fesyen yang dituduh telah menimbulkan kebiasan makan yang tak semestinya guna bisa memperoleh bentuk tubuh yang kelewat kurus. Pola makan yang tak semstinya ini seperti bulimia (makan yang berlebihan dan kemudian dimuntahkan) dan anorexia (tak makan karena takut kegemukan). Pola hidup seperti ini kini berkembang di antara kaum muda Israel, terutama kaum perempuan.

UU Israel ini menegaskan agar iklan lokal lebih baik menggunakan model iklan yang terlihat lebih sehat. Juga mencegah industri iklan menggunakan trik digital yang membuat para perempuan model iklan terlihat terlalu kurus.

"Kami ingin menghilangkan ilusi dengan menampilkan model sebagaimana tampilan nyatanya," ujar Liad Gil-Har, asisten pada sponsor hukum Dr Rachel Adato, yang membandingkan upaya menentang pola makan yang tak semestinya ini, seperti upaya menekan kebiasaan merokok.

Di Israel, sekitar 2 persen dari gadis berusia 14 - 18 tahun acapkali punya pola makan yang tak semestinya. "Tingkat yang sama dengan kondisi di negara-negara maju," ujar antropolog Sigal Gooldin, yang melakukan studi soal pola makan yang tak wajar di kalangan anak muda di Israel.

Israel ingin menerapkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) perempuan dengan tinggi 172 sentimeter harus punya berat badan tidak kurang dari 54 kilogram.

Tekanan pada industri fesyen di Israel ini kian intensif beberapa tahun ini, terutama dipicu dengan kematian sejumlah model perempuan di Brasil dan Uruguay, akibat komplikasi penyakit yang terkait dengan pola makan yang tak wajar ini.

Model Uruguay, Luisel Ramos (22), pingsan dan meninggal dunia sesudah tampil di panggung Agustus 2006. Dia mengalami serangan jantung berkenaan dengan pola anorexia.

sumber: kompas.com

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive