Ilmuwan Muslim | Al Zahrawi Sang Penemu Gips
Al-Zahrawi ialah ilmuwan Muslim yang mempunyai nama panjang Abu Al-Qasim Al Zihrawi. ia seorang dokter ahli bedah yang berasal dari Andalusia. Dia Merupakan penemu asli dari teknik pengobatan patah tulang dengan menggunakan gips sebagaimana yang dilakukan di era modern ini. Sebagai seorang dokter era kekhalifahan, dia sangat berjasa dalam mewariskan ilmu kedokteran yang dimiliki untuk era modern ini.

Al-Zahrawi lahir pada tahun 936 di kota Al-zahra yaitu sebuah kota yang terletak di dekat Kordiba di Andalusia yang sekarang dikenal dengan nama Spanyol di benua Eropa. Kota Al-Zahra sendiri dibangun pada tahun 936 Masehi oleh Khalifah Abd Al Rahman Al Nasir III yang berkuasa antara tahun 912 hingga 961 Masehi.

Seorang penulis dari perpustakaan Viliyuddin Istanbul Turki, dalam buku Historigafi Islam Kontemporer menyatakan bahwa Al Zahrawi hidup bagaikan seorang sufi. Dia melakukan pengobatan kepada para pasiennya secara cuma - cuma. sering kali dia tidak meminta bayaran kepada para pasiennya. Sebab dia menganggap bahwa mengobati para pasiennya merupakan bagian dari amal atau sedekah. Dia merupakan orang yang begitu pemurah serta berakhlaq mulia.


Salah satu karya fenomenal Al Zahrawi adalah Kitab Al-Tasrif. Kitab Al Tasrif sendiri begitu populer dan telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, seperti Bahasa Ibrani oleh Simone di Genova serta Bahasa Latin oleh Gerardo van Cremona di Toledo pada abad ke-13.

editor: Deni Bachroni | sumber: Majalah MAYARa (edisi 113)

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive