• Senin, Agustus 29, 2011
  • Administrator
Biodata Timothy D. Cook (Tim Cook; lahir di Robertsdale, Alabama, 1 November 1960; umur 50 tahun) adalah chief executive officer (CEO) di perusahaan multimedia Apple Inc. Ia sudah bekerja di Apple sejak 1988. Tugas utamanya adalah mengelola operasi harian di perusahaan tersebut. Ia menjadi CEO setelah Steve Jobs mundur dari jabatan itu pada 24 Agustus 2011.



Steve Jobs secara resmi mengundurkan diri sebagai CEO Apple pada 24 Agustus 2011. Kini, Tim Cook ditunjuk menggantikan posisi tersebut.



Dalam surat pengunduran dirinya, Jobs merekomendasikan Cook memegang posisi tersebut. Cook sendiri sebelumnya selalu menjadi orang yang mengisi posisi CEO Apple ketika Jobs sedang dalam cuti kesehatan tahun ini dan pada 2009.



Tim Cook CEO Apple

Tim Cook CEO Apple - Foto : Getty Images


Saat inilah, pertama kalinya Cook resmi menjabat sebagai CEO Apple. Pria berusia 50 tahun ini bergabung dengan Apple pada 1998 sebagai Senior VP Operasi Apple. Pada 2005, dia diangkat menjadi COO Apple.



Sebelum di Apple, Cook bekerja dalam operasi di Compaq dan menghabiskan 12 tahun di IBM. Pria kelahiran Alabama ini merupakan lulusan MBA Duke University dan mempelajari teknik di Auburn University.



Menurut Apple, COO Cook ‘bertanggung jawab pada penjualan dan operasi perusahaan di seluruh dunia, termasuk manajemen end-to-end rantai pemasok Apple, aktivitas penjualan, dan layanan serta dukungan di semua pasar dan negara’.



Selain itu, ia juga menjadi kepala divisi Macintosh Apple dan memerankan peran kunci dalam melanjutkan pengembangan strategi hubungan penjual dan pemasok, memastikan fleksibilitas terkait peningkatan permintaan di pasar.



Wall Street Journal menulis mengenai kedudukan tetap Cook di Apple, “Cook berhasil ‘menggemukkan’ persediaan dan membuat rantai pemasok perusahaan terbentuk. Cook dikenal karena kinerjanya yang berhasil membawa operasi perusahaan terus berjalan”.



Sementara dalam tulisan Bloomberg pada 2009, ketika Jobs dalam cuti kesehatan, Cook telah ‘menjalankan perusahaan ini secara diam-diam selama beberapa tahun’. “Cook menjalankan Apple dan sudah cukup lama sekarang,” ungkap matan eksekutif Apple Michael Janes pada Wired pada 2009.



[via - Inilah.com]

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive