penyebab kejatuhan perusahaan berbasis internet

Selama beberapa hari mengunjungi kampung halaman saya bertemu dengan beberapa kerabat dekat. Seperti halnya orang desa pada umumnya, pekerjaan mereka berkutat seputar agraris dan perdagangan. Pilihan yang ada adalah menjadi petani, buruh tani, berdagang sayuran, menjual makanan dan sebagian kecil yang bekerja sebagai pegawai di instansi Pemerintah maupun swasta. Ketika mereka saya jelaskan pekerjaan saya, mereka malah bertanya apakah internet marketer?

Profesi pebisnis online memang bukan termasuk pilihan populer bagi sebagian masyarakat yang tinggal di desa. Pekerjaan ini dianggap pekerjaan awang-awang karena tidak ada hasil kasat mata yang bisa dijadikan bukti adanya aktifitas ekonomi. Beberapa orang yang pernah dikecewakan oleh salah satu program affiliasi obat-obatan herbal malah menyatakan bisnis di internet dan MLM adalah salah satu bentuk penipuan terbaru di dunia modern. Apakah benar demikian?

Mungkin ada sebagian program yang memang melakukan scam terhadap anggotanya. Mereka memeras downline untuk membeli produk tanpa pernah memberi bayaran komisi. Tapi itu bukan gambaran secara umum bisnis online dan MLM. Bisnis online itu seperti bisnis nyata (offline), ada pelaku yang jujur dan ada juga yang curang. Karena setitik nila maka rusaklah susu sebelanga, karena ulah culas sebagian kecil orang maka berimbas kepada yang lainnya.

Ragam Profesi Internet Marketing

Selain itu, internet marketing bukan hanya didominasi bisnis jualan ebook dan skema arisan berantai maupun program affiliates. Saat ini justru banyak UKM yang memasarkan produk fisik mereka melalui internet. Mereka umumnya adalah para pengrajin yang melek teknologi atau merekrut jasa pemasaran online untuk memasarkan produk mereka di internet. Kecenderungan memadukan pemasaran online dan offline adalah trend yang sedang berkembang di kalangan pengusaha mikro.

Saat saya jelaskan bahwa saya menekuni profesi ghost writer, mereka lalu bertanya apakah ini juga termasuk skema cepat kaya seperti kebanyakan bisnis lainnya. Dengan menahan ketawa saya menjelaskan pekerjaan ini bukanlah seperti bayangan orang awam. Ghost writer adalah bagian dari dunia internet marketing (selain affiliate marketing, blogger, pay per click programs, paid per review program, flipping site dan lain-lain). Bidang kerja ghost writer adalah melayani jasa penulisan klien yang memiliki ide bagus namun mengalami kesulitan menuangkan ke dalam artikel.

Mereka cuma mengangguk-angguk. Saya tahu mereka nggak sepenuhnya paham dengan apa yang saja ucapkan. Dalam kesempatan kali ini saya tidak terlalu banyak menjelaskan karena saya tahu mereka justru semakin ilfil dengan orang yang banyak omong. Pengalaman masa lalu menjelaskan bahwa yang banyak omong adalah penjual jamu dan sales produk elektronik yang seringkali “menghipnotis” warga desa dengan rentetan kalimat marketing yang berjejer seperti kereta api.

Butuh waktu beberapa saat ke depan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang profesi internet marketer. Saya nggak berharap terlalu banyak mereka akan mengikuti jejak saya menekuni bidang ini. Namun paling tidak mereka bisa menaruh respek kepada warga lain yang pekerjaannya bergantung kepada koneksi internet tersebut. Saya yakin dengan komunikasi efektif dan membuka diri dengan kehidupan masyarakat sekitar seorang pebisnis internet tidak akan mendapat gossip macam-macam hanya karena jarang keluar rumah tapi tetap bisa punya uang.

Tetap semangat!


Sumber

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive