• Minggu, Mei 15, 2011
  • Administrator
Google menyediakan layanan email gratis dengan space untuk masing-masing email account dalam ukuran Gigas. Kekurangan dari layanan email gratis yang disediakan oleh Google adalah pada jumlah email account yang bisa dibuat, untuk layanan standar email google hanya mendapatkan 50 email account saja.Untuk pendaftaran Google Mail dengan domain sendiri bisa langsung dilakukan dihalaman ini:

http://www.google.com/apps/intl/id/group/index.html

Untuk mendaftar ke Google Apps, masukkan nama domain organisasi Anda




Isi formulir pendaftaran yang disediakan, di halaman ini dijelaskan batasan jumlah email gratis yang bisa digunakan.

Sebelum bisa menggunakan layanan gratis Google, Anda harus memverifikasi bahwa Anda pemilik domain. Ada 2 metode verifikasi:
Dengan upload file html tertentu
Dengan mengganti CNAME domain, untuk mengganti CNAME domain bisa dilakukan di cPanel yang disediakan oleh Dapur Hosting (kalau anda membeli hosting ditempat kami) atau menggunakan layanan Free DNS dari freedns.afraid.org cara penggunaannya bisa dipelajari di: Menggunakan Free DNS Manager dari freedns.afraid.org



Silahkan diikuti arahan dari halaman verifikasi kepemilikan Google. Anda tidak bisa menggunakan layanan Google ini kalau kepemilikan domain anda belum diverifikasi.

Setelah verifikasi selesai, anda sekarang harus mengaktifkan layanan yang anda inginkan. Di tutorial ini akan dijelaskan pengaktifan layanan email. Sekarang klik pada link Aktifkan email untuk memulai aktifasi email gratis Google.



Jika domain Anda sudah memiliki alamat email, harap berhati-hati mengubah data MX. Untuk menghindari gangguan pada layanan email, harap pastikan membuat serangkaian pengguna akun yang sama di panel kontrol sebelum mengubah data MX.

MX Entry bisa diganti di:
cPanel yang disediakan oleh Dapur Hosting jika anda membeli paket web hosting ditempat kami. Caranya bisa dipelajari di Mengganti MX Entry
menggunakan Free DNS Manager dari freedns.afraid.org, cara ini disarankan kepada yang tidak memiliki web hosting. Caranya bisa dipelajari di halaman: Menggunakan Free DNS Manager dari freedns.afraid.org

Semua MX Entry yang telah ada harus dihapus terlebih dahulu, setelah itu buat atau masukkan MX Entry berikut
ASPMX.L.GOOGLE.COM. 10
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM. 20
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM. 20
ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM. 30
ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM. 30
ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM. 30
ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM. 30

Tidak perlu semuanya dimasukkan, cukup 2 saja.

Setelah perubahan MX Entry, email anda semua akan pindah ke Google Mail. Biasanya perubahan MX Entry baru terasa efeknya dalam hitungan jam, kadang bisa sampai 2×24 jam.

Akses email domain anda sekarang telah pindah ke Google dan bisa diakses melalui alamat yang diberikan setelah anda menyelesaikan perubahan MX Entry.

Dengan tutorila ini anda bisa menggunakan layanan gratis dari google untuk email domain anda.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive