Di dunia maya ini (baca:internet) memang tidak bisa dipungkiri bahwa batasan-batasan penggunaannya sulit untuk dibendung. Kejahatan siber (cyber crime) ataupun tindakan eksploitasi komputer (computer fraud) makin membuat kita sebagai pengguna merasa was-was dan tentu saja akan mengurangi kenyamanan berinternet. Apalagi jika menyangkut urusan privasi, ini sangat krusial.
Salah satu yang mungkin sering mengganggu kenyamanan kita ialah spam. Tapi tunggu dulu, apa itu spam?
Secara singkat, spam dapat diartikan sebagai pengiriman surat kepada orang yang tidak dikenal, yang biasanya berisi iklan atau promosi produk, tak terkecuali software. Sementara orang yang melakukan tindakan spam disebut spammer.
Lalu bagaimana dengan istilah junk mail? Junk mail ini lebih luas lagi cakupan artinya. Spam ini juga bagian dari junk mail. Tindakan Anda mengirim mail unsubscribe ke sebuah milis juga termasuk junk. Namun, secara umum, junk mail dapat diartikan:
  • Bagi Milis –> Pesan yang tidak ada hubungannya dengan milis tersebut.
  • Bagi User –> Pesan masuk yang tidak kita kehendaki, misalnya seorang teman mengirimkan penawaran bisnis berantai yang tidak kita inginkan.
Contoh Inbox berisi SPAM
Bagaimana cara menghindari spam?
  • Jangan menggunakan “catchall email” pada setiap domain yang anda gunakan. Seting catchall ini menyebabkan anda menerima sembarang email yang ditujukan ke domain anda.
  • Jangan sekali-kali melakukan klik pada setiap link disetiap spam yang anda terima!
  • Jangan melakukan “unsubscribe” karena spammer justru dapat memastikan bahwa email anda diterima dengan baik.
  • Bila menggunakan email client untuk membaca email seperti outlook express, pastikan sedapat mungkin membaca email dengan “plain text” bukan html.
  • Sebaiknya gunakan software anti spam, anti virus, anti spyware dan firewall di pc Anda.
  • Rubah cara penulisan email saat Anda mempublishnya kepada publik. Misalnya, cantumkan dalam bentuk gambar, atau gunakan javascript, boleh juga bermodel seperti ini:namauser[di]namamailserver[titik]com. Contoh, jika alamat tersebut paimin@kunam.com, maka dapat dituliskan paimin[di]kunam[titik]com.
Lalu, bagaimana cara aman 100% terhindar dari spam? Ya tidak usah membuat akun email dan tidak pernah memberitahukannya ke orang lain. Dijamin pasti aman :D

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive