• Selasa, Januari 26, 2010
  • Administrator


Goa Maharani di Lamongan Jawa Timur yang terkenal dengan keeksotisan bebatuan alamnya, saat ini semakin cantik. Di areal sekeliling goa tersebut kini telah berdiri megah, kebun binatang Maharani yang mengoleksi berbagai jenis binatang langka dari amerika dan afrika selatan, yang di beri nama Maharani Zoo dan gua, di singkat Mazzola. Selain koleksi binatang, pengunjung juga bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit di goa Maharani melalui fasilitas geological dan goa.

Melewati jalur pantai utara sepanjang 150 kilo meter dari Gresik hingga Tuban adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Jalan bersejarah yang dibangun Gubernur Batavia Daendels pada abad ke-18 ini juga memiliki daya tarik lain. Di kawasan wisata tanjung kodok kecamatan paciran misalnya, terdapat sebuah gua yang teramat indah, bernama gua Maharani. Lokasinya mudah dijangkau, karena berada di tepi jalan raya yang dilalui kendaraan umum setiap saat.

Dalam 2 tahun terakhir, Gua Maharani baru telah di buka dengan penambahan sejumlah fasilitas seperti kebun binatang, musium geologikal hingga musium hewan. Tiket masuk untuk hari-hari biasa 15 ribu rupiah. Sedang week end, 20 ribu rupiah.

Untuk kebun binatang misalnya, pihak pengelola telah menyiapkan 81 kandang di area seluas 2,7 hektar untuk 300 lebih berbagai jenis hewan. Namun, saat ini baru ada beberapa jenis hewan saja seperti burung, orang utan, harimau afrika serta tupai albino. Sementara, untuk hewan lainnya seperi onta, buaya, jerapah dan lain sebagainya, akan segera tiba di lokasi ini.

Nama Maharani sendiri adalah nama sebuah gua indah yang terletak di lokasi paling ujung tempat ini. Konon, keindahan gua Maharani setara dengan gua-gua yang tersebar di kawasan wisata internasional seperti Altamira di Spanyol, Mammoth dan Carlsbad di Amerika Serikat.

Memasuki istana gua yang ditemukan pada 6 agustus 1992 oleh empat orang buruh penambang batu ini, ratusan stalaktit dan stalakmit yang indah, tampak menghiasi dinding dan atap gua. Berdasarkan hasil penelitian, batu stalaktit dan stalakmit ini masih hidup dan tumbuh sampai kini, meskipun hanya tumbuh mekar sekitar satu centimeter setiap 10 tahun.

Setiap ornamen stalakmit yang bertebaran di seluruh ruangan gua diberi nama-nama bunga atau sekar, di antaranya sekar melati, kenanga, kenikir gading, wijayakusuma, dan mayang. Malah bagian langit-langit gua pun diberi nama yang tak kalah magis, seperti karang langit, langit gempal, dan langit-langit yang dianggap spektakuler disebut dengan nama Sayuto Kartiko Suci atau sejuta bintang suci.
Setiap pelancong yang mengunjungi gua istana Maharani, tak ubahnya memasuki alam lain. Kesan yang di dapat, adalah kekaguman yang tinggi kepada sang pencipta yang telah mengukir bebatuan dalam gua Maharani secara alami. Apalagi, saat ini ada penambahan fasilitas baru yang mengagumkan, akan menambah daya tarik tersendiri. “Memang keindahannya beda dengan yang lain”. Ujar Sania, salah seorang pengunjung.

Keluar dari pintu gua, pengunjung kini bisa menikmati wahana geological berisi koleksi bebatuan eksotis zaman purba dari berbagai penjuru dunia. Di lokasi ini, terdapat koleksi artusan bebatuan berbagai bentuk termasuk batu mutiara yag di lengkapi kaca pembesar hingga bisa melihat bentuk keindahannya secara detail.

Salah satu wahana lain yang siap menyambut pengunjung adalah diorama musium binatang. Di wahana ini, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi binatang yang telah punah dalam kondisi diawetkan dalam sebuah ruangan yang sejuk. Konsep wahana ini adalah konsep edukasi bagi anak-anak untuk mengenalkan berbagai jenis hewan purbakala, seperti Dinosaurus dan lain sebagainya.

Menurut Bupati Lamongan, Masfuk, penambahan fasilitas ini, adalah untuk wisata etertainment dan edukasi. Di harapkan, dengan fasilitas ini bisa menambah arus kunjungan wisata ke Lamongan hingga lebih dari 1,7 juta orang di tahun 2007.

Di samping bisa menikmati keindahan gua, para pengunjung juga bisa erbelanja aneka macam oleh-oleh khas Lamongan, seperti batik sendang duwur, souvenir dari kulit kerang, hingga produk makanan laut hasil produksi masyarakat setempat.

Sekitar 50 meter dari lokasi gua Maharani, terdapat pantai indah dan bersejarah, yaitu pantai wisata tanjung kodok yang saat ini telah di kembangkan menjadi wisata fantasi. Untuk mempermudah pelancong mengunjungi 2 wisata sekaligus, pemerintah kabupaten Lamongan telah membangun jembatan penyeberangan yang di lengkapi tangga eskalator.

Dengan kondisinya yang demikian, Istana Gua maharani layak menjadi lokasi wisata Entertainment dan Edukasi terutama sangan cocok untuk mengisi liburan sekolah bersama buah hati tercinta. (86)

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive