Dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, ternyata tidak hanya menyimpan pesona wisata, tetapi juga memiliki kuliner khas yang tidak di jumpai di daerah lain, salah satunya sirup buah carica yang manis dan segar, bahkan kandungan vitaminnya berkhasiat bagi kebugaran tubuh.

Buah carica yang dalam bahasa latin bernama carica pubescen, masih tergolong dalam keluarga pepaya. Bedanya, jika pepaya lebih dikenal sebagai tumbuhan tropis yang memerlukan banyak panas dan matahari, maka carica hanya bisa tumbuh di tempat tinggi, memerlukan temperatur yang cukup dingin dan banyak hujan. jika di konsumsi langsung, buah ini memiliki rasa yang manis dan asam.

Bahan-bahan untuk membuat manisan carica hanya buah carica dan gula murni. Proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah. Pertama memilih buah yang telah matang, selanjutnya di lakukan pengupasan dan dipotong menjadi dua bagian untuk di keluarkan isinya. Carica selanjutnya di potong-potong ukuran kecil, di cuci dan di masukan ke dalam botol.

Untuk mempersiapkan kuahnya, isi dari buah carica tadi di saring dan di rebus bersama gula murni hingga mendidih dan berubah warna lalu di masukan kedalam botol yang telah berisi buah. Satu botol ini berisi 400 cc kuah sari buah carica dan 350 gram buah carica.

Keunikan pembuatan manisan carica adalah pada proses pengukusan karena di lakukan bersamaan dengan botolnya, yaitu selama kurang lebih 15 menit, agar sirup benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa membuatnya cepat rusak atau kedaluarsa. Manisan carica siap untuk di santap.

Keunggulan sirup carica bukan hanya pada rasanya yang khas. Tetapi juga daya tahannya yang bisa mencapai setahun lebih tanpa obat pengawet.

Rasanya yang manis dan segar serta memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta memiliki khasiat memulihkan kondisi tubuh. Bahkan banyak yang percaya, jika mengkonsumsi buah ini akan menjadi awet muda.

Harga 1 botol sirup carica di jual Rp 5.000. Sejumlah warga yang memproduksi hingga Tiga Ribu botol manisan carica dalam sebulan, mampu meraih omset hingga 5 Juta Rupiah perbulan.

Nah! jika Anda berwisata ke dataran tinggi dieng, tak ada salahnya mencoba mencicipi manisan khas yang segar dan menyehatkan ini. Tentu sekaligus membawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive