Bagi para sahabat yang berada di Propinsi Kalimantan Barat (kemungkinan besar untuk Propinsi lain juga sama), dibawah ini ada salinan Brosur Penerimaan Bintara Polri yang diambil dari Panitia Penerimaan. Ayo buruan datang ke Polda atau Polres terdekat. Tapi ingat sebelum mendaftar baca dulu pengumuman dibawah ini dengan teliti, jangan sampai nantinya sahabat kecewa hanya dikarenakan tidak membaca pengumuman dengan teliti.......Hal lain yang perlu sahabat ketahui...”BAHWA SELAMA PROSES PENDAFTARAN, SELEKSI HINGGA KELULUSAN AKHIR TIDAK DIPUNGUT BIAYA ALIAS GERATIS” kecuali ongkos angkutan umum, makan, ngemil dan uang bensin sahabat selama mengikuti kegiatan tersebut (bisa geratis juga kalau sahabat nebeng ama teman). Udah buruan baca PERSYARATAN INI ...!
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH KALIMANTAN BARAT
MEMBUKA KESEMPATAN BAGI PEMUDA/PEMUDI WARGA NEGARA INDONESIA UNTUK MENJADI  BRIGADIR POLISI
1.    Persyaratan Umum :
- Warga negara Indonesia (pria dan wanita).
 - Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 - Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD      1945.
 - Sehat jasmani dan rohani (Surat Keterangan dari      Intitusi Kesehatan).
 - Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu      kejahatan (Surat Keterangan/SKCK dari Polres Setempat).
 - Berwibawa,      jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
 - Bersedia      ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua      bidang tugas pokok POLRI.
 
2.    Persyaratan Pendidikan
- Berijazah      serendah-rendahnya SMU/sederajat (tidak termasuk SMK Busana/ Kecantikan/ Perhotelan/      Guru TK dan SMK yang dikelola oleh Departemen)
 - SMU/Madrasah Aliyah menggunakan surat tanda      kelulusan dengan kriteria “LULUS”.
 - SMA      lainnya yang sederajat/ Paket C/ SMK (termasuk lulusan luar negeri)      menggunakan transkip nilai dengan rata-rata baik dengan kreteria ”LULUS”      yang telah diakreditasi oleh Diknas Tingkat Propinsi.
 - Lulusan SMA      tahun 2009 (masih kelas III) menggunakan surat keterangan Kepala Sekolah      dan menyerahkan surat tanda kelulusan dan ijazah selesai Ujian Nasional.
 - Menyerahkan      fotocopy raport SMA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang      bersangkutan.
 - Lulusan      D-III/ D-IV/ S-1 sesuai kompentensi dengan tugas pokok POLRI, dari      perguruan tinggi yang telah Terakreditasi.
 - D-III Keperawatan hanya untuk calon Brigadir Polisi      kesehatan lapangan pada kesatuan BRIMOB Polda (Sat Brimobda).
 - SMK pelayaran/perkapalan sebagai calon Brigadir      Polisi Pol Air.
 - Sarjana atau SMU/sederajat yang mempunyai      kemampuan bahasa asing/komputer sebagai calon Brigadir Polisi Reskrim.
 
3.    Persyaratan Umur, Tinggi Dan Berat Badan:
A.    Umur pada saat pembukaan Diktuk Brigadir Polisi TA. 2009 tanggal 14 Juli 2009 minimal 17 (Tujuh Belas) tahun 7 (Tujuh) bulan dan umur maksimal bagi lulusan :
1)    SMU/ Sederajat        : 21 (Dua Puluh Satu) tahun
2)    D-III                           : 24 (Dua Puluh Empat) tahun.
3)    D-IV/ S-1                   : 25 (Dua Puluh Lima) tahun.
- Tinggi      badan minimal :
 
1)    Pria                            : 163 (Seratus Enam Puluh Tiga) cm
2)    Wanita                       : 160 (Seratus Enam Puluh) cm
- Berat      badan seimbang dengan tinggi badan menurut ketentuan yang berlaku
 
4.    Belum pernah nikah dan sanggup untuk tidak nikah selama dalam pendidikan, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik pangkat Bripda.
5.    Bersedia Menjalani Ikatan Dinas Pertama minimal Selama 10 (Sepuluh) tahun, terhitung sejak diangkat menjadi Brigadir Polisi.
6.    Ada persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
7.    Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instasi lain.
8.    Telah berdomisili di wilayah hukum Polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun dibuktikan dengan KTP setempat dan Kartu Keluarga atau Raport.
9.    Mengikuti dan lulus pemeriksaan/ pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
- Pemeriksaan administrasi awal
 - Pemeriksaan kesehatan tahap I
 - Pemeriksaan dan pengujian psikologi
 - Uji akademik ditiadakan      (nilai akademik diperoleh dengan cara menjumlahkan nilai rata-rata UAN dan      nilai rata-rata Raport semester terakhir pada mata pelajaran yang sama      dibagi dua)
 - Pemeriksaan kesehatan badan tahap II
 - Pengujian kemampuan jasmani
 - Pemeriksaan administrasi akhir
 - Penelusuran mental dan kepribadian
 - Sidang penentuan akhir (Pantukhir)
 
10.  Pendaftaran mulai tanggal 27 april 2009 s/d 16 mei 2009 di Bagian Personel Polda Kalbar (Panda Kalbar) dan Polres jajaran Polda Kalbar (Sub Panda).
(sumber : Brosur Penerimaan Polda Kalbar).
Administrator