• Minggu, Juni 26, 2011
  • Administrator
Apabila anda telah memiliki domain dan hosting namun ingin memiliki E-mail dengan kapasitas besar, anda dapat menggunakan fasilitas GRATIS yang disediakan oleh Google Apps. Artikel ini menyediakan panduan untuk mensetup penggunaan Google Mail melalui Google Apps pada domain anda.

Pendaftaran / Sign Up













Signing Up



Anda dapat mendaftar menjadi pelanggan Layanan Google Apps Standard Edition (GRATIS) dengan mengunjungi link http://google.com/a. Klik Sign Up di sebelah kanan halaman tersebut.



Kemudian klik Explore Standard Edition di sebelah kanan halaman sesudahnya.







Setelah masuk ke halaman baru, klik Get Started, masih di sebelah kanan halaman.







Setup Domain Anda



Pada halaman selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan domain yang ingin anda gunakan, harap diperhatikan bahwa anda harus dapat mengakses hosting domain yang anda gunakan dan domain tersebut telah dapat dibuka di web browser anda, karena verifikasi domain akan dilakukan oleh Google dengan meminta anda untuk mengupload file HTML ke dalam hosting domain tersebut.




Pilih Administrator

Masukkan nama domain anda

Klik Get Started (Klik pada gambar untuk memperbesar)

Masukkan data-data yang diminta pada halaman selanjutnya kemudian tentukan alamat e-mail yang akan menjadi Administrator untuk mengelola Google Apps anda.
Langkah pendaftaran telah selesai dilakukan, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi pada Google Apps untuk dapat digunakan oleh domain kita.

Verifikasi Domain
Sebelum melakukan konfigurasi, Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu apakah domain tersebut benar-benar milik kita.
Klik Verify Domain Ownership di bagian atas halaman Google Apps;
Pada halaman verifikasi, lakukan hal sebagai berikut;

Pilih Upload an HTML file pada metoda verifikasi;

Buat file berjudul googlehostedservice.html dan pastekan text yang disediakan pada halaman ini (akan berbeda-beda untuk masing-masing domain);

Upload file tersebut ke hosting anda;

Pastikan bahwa file dapat diakses dengan melakukan klik pada link yang disediakan;

Klik Verify;

Google akan berusaha mengakses file yang baru saja dibuat, mungkin membutuhkan waktu sebelum domain anda terverifikasi.
Konfigurasi E-mail Google Apps
Setelah domain diverifikasi, akan terlihat dengan menghilangnya pemberitahuan pada dashboard Google Apps, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi di hosting / DNS kita agar penerimaan e-mail untuk domain yang kita miliki diarahkan ke Google Apps dan tidak lagi ke hosting kita.

Pada proses aktifasi E-mail ini kita akan melakukan perubahan pada MX Record Domain kita. MX Record adalah keterangan yang berisikan server mana yang akan menerima E-mail yang diarahkan ke domain kita. Secara default biasanya MX Record domain kita adalah server penyedia jasa hosting yang kita gunakan.
Apabila memungkinkan, minta bantuan kepada penyedia jasa hosting anda untuk melakukan perubahan MX Record domain anda untuk diarahkan ke Mail Server milik Google.

Apabila anda ingin melakukan sendiri, hal ini dapat dilakukan melalui fasilitas Control Panel yang disediakan Penyedia Jasa Hosting yang anda gunakan. Dalam contoh berikut akan diinformasikan tata cara melakukan modifikasi melalui cPanel.

Login ke cPanel anda, biasanya melalui http://cpanel.domainanda.com, masukkan username dan password yang diberikan oleh Penyedia Jasa Hosting yang anda miliki.

Klik MX Entry pada bagian Mail di halaman depan cPanel anda.





Masukkan Prioritas dan Mail Server sesuai informasi berikut (satu persatu dan kemudian klik change), data Mail Server dan prioritas yang baru anda masukkan akan muncul di bawah kolom modifikasi.

Masukkan satu persatu;

Priority 10 to: ASPMX.L.GOOGLE.COM

Priority 20 to: ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM

Priority 30 to: ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM

Setelah ketiganya dimasukkan, hapus keterangan yang menyatakan MX dengan priority 0 pada list yang terletak di bawahnya.

Kembali ke halaman Google Apps, Klik link Activate E-mail, untuk menginstruksikan Google Apps menerima E-mail yang ditujukan ke domain yang kita gunakan.

Tunggu beberapa waktu (kadang sampai dengan 48 Jam) karena hal ini terkait dengan propagasi DNS yang dilakukan secara otomatis oleh Jaringan Internet.
Akses E-mail Domain Anda
Setelah konfigurasi dan propagasi DNS selesai anda dapat mengakses Webmail Domain anda melalui link http://mail.google.com/a/domainanda.com.

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive