• Rabu, Juli 28, 2010
  • Administrator


Siapa bilang tawon atau lebah hanya berfungsi sebagai penghasil madu saja. Dengan sedikit kreatifitas, rumah makan Mbah Mustari di Jalan Raya Pungkruk Desa Sidoharjo, Sragen Jawa Tengah, mampu mengolah tawon atau lebah madu menjadi menu andalan santapan makan siang. Selain gurih dan lezat, kandungan gizi daging tawon dan campuran madunya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Anda tidak perlu khawatir akan mengalami keracunan atau alergi setelah menyantap Botok Lebah Madu, karena untuk membuat bothok tawon ini diambilkan dari lebah yang hanya menghasilkan madu saja.

Untuk membuatnyapun sangatlah muda, pertama-tama menyiapkan parutan kelapa muda, cabai, bawang merah dan bawang putih kemudian gula jawa serta sedikit garam. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dijadikan satu untuk selanjutnya di tumbuk hingga halus seperti membuat sambal.

Setelah bumbu siap, kemudian tawon madu langsung di rebus kurang lebih 10 menit. Setelah matang, diangkat kemudian ditiriskan dan dicampurkan dengan bumbunya. Setelah dicampur selanjutnya dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus hingga matang. Bothok Lebah Madu pun siap dihidangkan.

Rasanya sedikit asam dan pedas yang berasal dari perpaduan bumbu dan parutan kelapa. Sangat enak bila disantap dengan nasi putih yang hangat dan sayur asam. Saat mencicipi botok tersebut, ada sedikit aroma lebah menyengat hidung terutama ketika pelepah daun pisang pembungkus botok dibuka kali pertama.

Untuk satu bungkus bothok tawon madu dijual seharga 3500 Rupiah, harga yang sangat murah bila di banding dengan kandungan khasiatnya. jika konsumsi secara teratur botok tawon madu ini mampu menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan perbaikan penyumbatan pada sendi.

Menurut pengelola warung, Imam Safei, berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan sebuah Universitas terkemuka di Solo, kandungan lebah mampu menurunkan kadar gula darah. “Karena itu, bothok tawon laris manis di beli pelanggan, terutama karena khasiatnya”, ujar Imam Safei.

Nah! anda mempunyai kadar gula darah yang tinggi, tidak salah jika anda datang ke warung makan Mbah Mustari dan mencicipi menu bothok tawon madu. Di jamin maknyuss!!

Disari dari : http://www.sragenkab.go.id

BTemplates.com

Categories

Kamera CCTV Palembang

Popular Posts

Blog Archive